Informasi Dampak Pencemaran Terhadap Kesehatan Berbasis Gender

Penerbit:Jakarta, KLH & Biotani Foundation, 2003, 65 hal
No. Klasifikasi:363. 7 KEM i
Kata Kunci:gender, pencemaran, kesehatan
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Buku
Pencemaran lingkungan berdampak negatif tidak saja terhadap lingkungan tempat manusia hidup juga berdampak terhadap kesehatan manusia. Bila udara, air dan tanah tercemar maka kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan akan menerima dampaknya.

Gangguan kesehatan manusia yang diakibatkan oleh pencemaran berdampak terhadap laki - laki dan perempuan. Pada perempuan memiliki alat reproduksi. Bila alat reproduksinya tercemar, maka kemungkinan besar pencemaran tersebut akan diteruskan kepada janin, maupun bayi yang disusuinya, sehingga dampaknya menjadi beruntun.

Tambahan pula, resiko - resiko lingkungan hidup di dalam dan sekitar rumah tangga, dan di jalan, serta di tempat kerja juga dapat membawa dampak yang lebih besar terhadap kesehatan. Sebagai contoh pencemaran udara akibat timbal sebagai kandungan gas buangan bahan bakar kendaraan dapat menurunkan kecerdasan anak - anak, dan juga dapat menurunkan kualitas sperma pria. Di rumah tanggapun tanpa disadari banyak digunakan bahn pencemar yang dapat mengganggu kesehatan manusia dan lingkungan.

Selama ini data dampak pencemaran terhadap kesehatan manusia belum terhimpun dengan baik, sehingga belum dapat dilakukan analisis secara runut. Apabila data tersebut tersedia maka dapat dipergunakan oleh pengambil keputusan untuk menentukan kebijakan dalam pengendalian pencemaran. Di samping itu, penyebar luasan data dan informasi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan menjajaki penggalian alternatif pengendaliannya.

Buku ini merupakan rintisan dalam penyusunan informasi dampak pencemaran terhadap kesehatan berdasarkan gender, padahal ini penting dilakukan karena dampak pencemaran terhadap kesehatan manusia mempunyai respon yang berbeda terhadap laki - laki dan perempuan, maupun anak - anak.


Post Date : 02 April 2007