Islam Itu Bersih Islam Itu Sehat: Islam Tidak Merusak Lingkungan (Materi Dakwah Sanitasi untuk Mendukung Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat/ STBM di Propinsi Jawa Timur)

Penerbit:TSSM (Total Sanitation & Sanitation Marketing)/ STBM, 2009, 8 hal
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:297.122404 TOT i
Kata Kunci:petunjuk, perilaku sehat, ajaran Islam, sanitasi, bersih, Islam, lingkungan hidup, STBM, Jawa Timur, materi dakwah
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Petunjuk
Referensi:http://www.box.com/shared/m2asxb8tdkxcrmhcrfat

Buku ini disusun sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang membahas tentang peran dakwah dalam bidang hygiene dan sanitasi yang dihadiri oleh para Kyai dan Nyai dari 29 kabupaten di Jawa Timur pada bulan Juni 2009 di Surabaya. Hasil pertemuan tersebut dirangkum dalam buku ini sebagai materi dakwah sanitasi dan memudahkan pengguna dalam memilih pesan-pesan yang sesuai dengan kondisi masyarakat. Buku ini dapat dijadikan pegangan/ panduan bagi syi’ar/ dakwah kepada masyarakat agar merubah perilaku dan kebiasaan buruk dalam sanitasi.
 
Buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang berminat menyampaikan ajaran agama terkait sanitasi, pola perilaku hidup bersih dan sehat serta pelestarian lingkungan hidup. Kyai atau Nyai pengasuh pondok pesantren, Ustadz dan Ustadzah yang biasa memberikan ceramah, khotbah, mengajar pengajian, Petugas sanitarian/ penyuluh/ fasilitator/ guru yang menginginkan perubahan perilaku masyarakat dan murid sekolah.
 
Buku ini berisi berbagai ayat-ayat Al-qur’an ataupun hadits Nabi Muhammad SAW yang berhubungan dengan aturan dan anjuran untuk hidup dengan cara bersih, sehat dan tidak merusak lingkungan hidup. Ayat-ayat maupun hadits tersebut dikelompokkan berdasarkan keterkaitan dengan isi pesan dan perilaku atau kebiasaan buruk masyarakat seperti BAB, cuci tangan, penggunaan air bersih dan kebersihan diri, lingkungan hidup serta pola makan dan minum.

Daftar Isi:

Materi Dakwah agar Berperilaku Bersih, Sehat dan Tidak Merusak Lingkungan

Kenapa menyusun buku ini

Apa tujuan penyusunan buku ini

Siapa pengguna buku ini

Siapa saja sasaran penyampaian materi dakwah sanitasi ini

Bagaimana menggunakan buku ini

Apa isi buku ini

Ayat dan Hadits yang Berhubungan Dengan Kewajiban Hidup Bersih dan Sehat serta Memelihara Lingkungan

Tentang larangan buang air besar di sembarang tempat

Tentang cuci tangan

Tentang kebersihan

Tentang lingkungan

Tentang makanan dan minuman

Kesimpulan



Post Date : 08 Desember 2009