Jakarta Mulai Tergenang

Sumber:Suara Pembaruan - 14 Januari 2009
Kategori:Banjir di Jakarta

[JAKARTA] Beberapa wilayah di Jakarta kembali di terkena banjir, namun sebagian besar warga bertahan untuk menjaga harta benda. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan hujan dengan beragam intensitas kemungkinan besar dapat terjadi di Jakarta sepanjang Rabu (14/1).

Menurut keterangan Andy Kusuma, Staf Pembantu Monitoring Siaga Banjir wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan mengatakan, RT 10 RW 11, dan RW 12 Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan yang kerap menjadi langganan banjir, kali ini terendam hingga dua meter. Sebanyak 342 warga setelah rumah mereka selama dua hari tergenang air, akhirnya mengungsi di kantor kelurahan. Sebagian warga RW 01 Bukit Duri, memilih untuk mengungsi di sekretariat RW dan Masjid Hayatul-Amal, Tebet.

"Berdasarkan laporan di lapangan, untuk sementara bantuan masih baru datang dari Dinas Sosial, Kelurahan, dan Palang Merah Indonesia untuk persediaan obat-obatan, sedangkan dapur umum disediakan di lapangan kantor kelurahan, tempat mengungsi warga," kata Andy ketika dihubungi SP, Rabu (14/01).

Wilayah lain di Jakarta yang terkena banjir antara lain RT 04/RW 08 dan RW 01, Cawang, Jakarta Timur dan RT 01, RT 04, RT/RW 08 Cililitan, Jakarta Timur, dengan ketinggian 40 cm-70 cm.

Di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur, warga belum mengungsi meskipun permukiman tergenang hingga tiga meter. Tetapi, ada juga 36 KK yang mengungsi di eks Bioskop Nusantara. Sedangkan dari RW 07 dan RW 08, Kampung Melayu mengungsi di Asrama Hermina, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

"Untuk Wilayah Kelapa Gading, sementara dilaporkan ketinggian air sekitar 40 cm-50 cm, dan belum ada warga yang mengungsi. Namun, akibat badai ombak yang menyebabkan banjir setinggi dua meter," ucap Eko Sukma, petugas posko banjir, Jakarta Utara.

Seperti dilaporkan Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, lokasi genangan di Jakarta Utara terdapat antara lain di Jalan Raya Teluk Gong setinggi 40 cm, depan Pos Pol Volker (50 cm), Jalan Kapuk Raya (40 cm), depan Kampus IBI (30 cm), depan PT Bintang Mas (50 cm), dan depan PT Bimoli (40 cm).

Sementara di Jakarta Pusat, genangan melanda Jalan Pangeran Jayakarta (20 cm) dan Jalan Cempaka Putih (15 cm). Lokasi lainnya yang terpantau antara lain di Jalan Latumenten, Jakarta Barat (20 cm), dan di depan Pos Polisi Pancoran di Jalan Pasar Minggu Raya, Jakarta Selatan (15 cm). [DDS/U-5/Ant]



Post Date : 14 Januari 2009