Jakarta, Tangerang Banjir

Sumber:Media Indonesia - 13 November 2009
Kategori:Banjir di Jakarta

Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan Tangerang mengakibatkan genangan air setinggi 10-50 cm. Pohon pun bertumbangan. " Potensi banjir di Jakarta akan menurun akhir Desember ini, setelah proyek BKT berfungsi mengalirkan air ke laut.'' Djoko Kirmanto Menteri Pekerjaan Umum

DUA pohon angsana di Jl Joglo Raya, Jakarta Barat, tumbang mengakibatkan kabel listrik akibatkan kabel listrik ter putus dan melukai seorang warga, kemarin. Jatuhan pohon juga menimpa rumah, kios, dan satu unit metromini 92 jurusan Grogol-Cileduk.

Korban luka bernama Heri, 27, karyawan Koperasi Wahana Kalpika. Ia mengalami luka bakar di jemarinya saat akan membenahi kabel listrik yang putus tertimpa patahan dahan di depan kantornya.

Heri tidak mengira kabel yang terjuntai masih mengandung arus listrik. Ia sempat terpental. Jemari korban gosong seketika.

"Dahan pohon angsana yang tumbang mengenai kabel sehingga langsung terputus. Heri berinisiatif memindahkan kabel agar tidak melukai warga yang melintas di depan kantor. Ternyata malah dia sendiri yang menjadi korban," ujar Najib, 31, rekan sekantor Heri.

Menurut dokter Rumah Sakit Sari Asih, Cileduk, korban belum melewati masa kritis. Mungkin beberapa jari Heri yang terluka bakar parah harus diamputasi. Bangunan yang rusak tertimpa pohon itu milik Yunus. Bagian depan rumahnya hancur, genting berserakan. Warung pecel lele milik Abdul Rohman di depan rumah Yunus juga berantakan.

Masih di Joglo Raya, berjarak sekitar 100 meter dari lokasi pertama, pohon angsana juga menimpa metromini.

Tergenang Hujan deras yang berlangsung lebih dari 1 jam menyebabkan beberapa kawasan di Jakarta tergenang. Tinggi genangan bervariasi mulai dari 10 cm hingga 50 cm.

Di Petamburan, Jakpus, hujan deras mengakibatkan empat RT tergenang, yakni RT 09, 10, dan 16 di RW 03 serta RT 08 di RW 02. Lurah Petamburan Edy Syamsudin mengungkapkan tiga penyebab timbulnya genangan di Petamburan.

Pertama, kontur Petamburan yang terletak di cekungan Banjir Kanal Barat. Kedua, hujan sangat deras. Adapun ketiga, saluran air yang tersumbat.

Hujan disertai angin juga merobohkan sebuah pohon di Jalan Padalarang, Menteng, Jakpus. "Pohonnya sudah tua," ungkap Camat Menteng Efri terkait penyebab tumbangnya pohon.

Di Tangerang, kawasan Perumnas tergenang. Kejadian itu membuat jalan yang rusak sangat parah di sana menjadi kubangan.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, potensi banjir di Jakarta akan menurun akhir Desember ini, setelah proyek Banjir Kanal Timur berfungsi mengalirkan air ke laut. Untuk mengejar tenggat yang dijanjikan, pemasangan pancang sheet pile dilakukan 7-18 Desember. (Dvd/*/J-1)



Post Date : 13 November 2009