Jangan Hanya Minum Saat Haus

Sumber:Koran Sindo - 29 November 2010
Kategori:Air Minum

Jangan hanya mengonsumsi air di saat haus saja karena manusia membutuhkan hampir 2 liter air setiap harinya. Saat manusia bernapas, berkeringat,buang air seni, dan membuang kotoran, secara otomatis manusia juga mengeluarkan air dari dalam tubuh sehingga setiap hari manusia pun akan kehilangan air dari dalam tubuhnya.

“Itu sebabnya, tubuh membutuhkan 1,5 sampai 2 liter air atau 8 gelas per harinya,”tutur pakar air dari Balai Besar Industri Argo (BBIA) Ir Maman Rohaman MSc. Dampak jika tubuh kekurangan air, di antaranya dehidrasi, gagal ginjal, gagal jantung, serta serangan epilepsi. Adapun gejalagejala dehidrasi,di antaranya adalah sakit kepala atau pusing, lesu dan murung,daya respons rendah, bibir kering dan pecah-pecah, tubuh lemah dan letih, serta urine berwarna terlalu kuning atau gelap.

“Apabila tubuh kekurangan air putih bisa ditunjukkan dengan warna urine seperti pada dehidrasi ekstrem warna urine kuning pekat, dehidrasi ringan dengan urine yang berwarna kuning, dan tidak dehidrasi dengan urine yang berwarna jernih,” kata pria lulusan Fakultas Food Technology, UNSW,Australia. Banyak orang menyangka bahwa kita perlu mengonsumsi air hanya ketika merasa haus. Padahal, ketika rasa haus muncul sesungguhnya tubuh sudah sangat kekurangan air.

Jadi,biasakan minum sebelum datang haus.“Mengonsumsi air secara cukup dapat meningkatkan fungsi hormon, memperbaiki kemampuan hati untuk memecah dan melepas lemak, serta mengurangi rasa lapar,” ujar dia. Ketika tubuh mengeluarkan cairan dan kemudian otak mendeteksinya sebagai keadaan dehidrasi, maka tubuh akan merespons dengan mengatakan: saya haus.

Sebenarnya rasa haus dipicu oleh sel-sel yang mulai kekurangan air, bahkan ada yang menyebutkan bila rasa haus muncul sebenarnya kita sudah kehilangan 1% air tubuh. “Mengingat begitu pentingnya peran air di dalam tubuh, maka minumlah air secara cukup.Dalam kondisi-kondisi tertentu, dianjurkan minum air lebih banyak.”kata Maman.(inggrid)



Post Date : 29 November 2010