Jejak dan Langkah Pokja AMPL Memoar Periode 2002-2010

Pengarang:Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL)
Penerbit:Jakarta: Pokja AMPL, 2010; iii, 32 hal + tabel + gambar, 30 cm
No. Klasifikasi:623.854.598 Kel j
Kata Kunci:Jejak dan Langkah, Pokja AMPL, 2002-2010, Sanimas, CLTS, STBM, Sanitasi
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Buku

Sesuai dengan judulnya, dokumen ini berisikan rangkuman berbagai macam kegiatan yang telah dilaksanakan, berbagai konsep yang telah dirancang dan berbagai kemitraan yang telah dijalin oleh Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) beserta Sekretariat Pokja AMPL.

Pada awalnya sekitar tahun 1997, Pokja AMPL lebih merupakan suatu lembaga koordinasi yang dibentuk untuk mendampingi proyek Water and Environmental Sanitation Policy and Action Planning (WASPOLA), yang bertujuan untuk memfasilitasi penyusunan dan operasionalisasi kebijakan dalam bidang air minum dan penyehatan lingkungan di Indonesia.

Salah satu pencapaian penting dari keberadaan Pokja AMPL adalah tersusunnya Kebijakan Nasional Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat (AMPL BM) dan draf Kebijakan Kebijakan Nasional Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Lembaga.
Pokja AMPL pun berhasil menginisiasi beberapa pilot program/proyek AMPL yang dinilai berhasil, sehingga diadopsi oleh Kementrian untuk di upscalling menjadi program/proyek nasional. Program/proyek tersebut yaitu Sanimas, CLTS dan STBM.

Adapun isi dari “Jejak dan Langkah Pokja AMPL Memoar Periode 2002-2010” adalah mengenal Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL); sekilas Pokja AMPL; sumber dana; peran dan fungsi; anggota; Pokja AMPL Daerah dan Renstra AMPL Daerah; Sekretariat Pokja AMPL; jejak langkah Pokja AMPL; Inisiasi berbagai program/proyek AMPL; Pusat Informasi Nasional Air Minum dan Penyehatan Lingkungan; Kemitraan; menuju sinergi kelembagaan dan dokumen perencanaan AMPL; latar belakang sinergi; sinergi kelembagaan; sinergi dokumen perencanaan; rencana tindak lanjut sinergi; pembelajaran dalam kiprah Pokja AMPL dan Melanjutkan program AMPL.



Post Date : 21 Februari 2012