Jembatan Selat Sunda Pacu Ekonomi Asia

Sumber:detikFinance - 15 April 2010
Kategori:Umum
Jakarta - Pembangunan Jembatan Selat Sunda tidak hanya akan memacu pertumbuhan ekonomi di Jawa dan Sumatera. Tetapi juga berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi bersama kawasan Asia.
 
Demikian kata Presiden SBY saat membuka Asia Pacific Ministerial Conference on Public Private Partnership for Infrastructure Development 2010. Acara yang dihadiri Wakil Sekjen PBB Dr. Noeleen Heyze ini digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/4/2010).
 
"Pembangunan jembatan itu juga dapat meningkatkan konektivitas sesama negara di Asia dan berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi bersama di Asia," ujar SBY.
 
Presiden menyatakan, dalam waktu tidak terlalu lama, rencana pengembangan jaringan koneksi infrastruktur antara Sumatera dan Jawa dapat diwujudkan. Yaitu membangun Jaringan infrastruktur Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan dua pulau berpopulasi terbesar di Indonesia tersebut.
 
"Pembangunan jembatan ini terintegrasi dengan pengembangan wilayah sekitarnya," imbuh SBY.
 
Namun realisasi rencana mega proyek itu tetap membutuhkan partisipasi pihak swasta. Pemerintah menawarkan proyek tersebut dalam buku Public Private Partnership: Infrastructure Projects in Indonesia 2010-2014.
 
Usai menyampaikan sambutannya, Presiden SBY didampingi Menko Perekomian Hatta Rajasa, Menteri Perhubungan Freddy Numberi, dan Menteri PU Joko Kirmanto, meninjau pameran pameran Infrastructure Asia 2010. Mereka terlihat berbincang hampir 10 menit di stand yang memajang maket Jembatan Selat Sunda. (lh/dnl) 
 
Luhur Hertanto - detikFinance 


Post Date : 15 April 2010