Kali Meluap, Sebagian Bekasi Tergenang

Sumber:Kompas - 20 Januari 2009
Kategori:Banjir di Jakarta

Jakarta, Kompas - Hujan yang mengguyur pada Minggu malam menyebabkan wilayah Bekasi kembali dilanda banjir pada Senin (19/1). Di Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, ratusan rumah di kompleks perumahan Pondok Sani Putra, Kelurahan Pejuang, tergenang air hingga ketinggian satu meter.

Banjir di Pondok Sani Putra diperparah oleh meluapnya kali di belakang kompleks perumahan tersebut. Warga menyebut kali itu Kali Gani. Kali itu termasuk saluran Kali Blencong.

Karena kedua kali tersebut masih dilanda banjir, genangan air di kompleks perumahan itu bertahan sampai Senin siang. Sampai pukul 13.00, genangan air di wilayah kompleks yang berada di bantaran kali masih setinggi betis orang dewasa.

Dihubungi terpisah, Camat Medan Satria Tajudin mengatakan, meski genangan air sudah surut, pihak kecamatan akan terus memantau kondisi di kompleks perumahan dan segera menyiapkan pos siaga banjir.

Di Jakarta

Sementara itu, hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Minggu malam hingga Senin dini hari juga membuat genangan besar di persimpangan Coca Cola di Cempaka Putih, Senin pagi. Akibatnya ribuan kendaraan yang datang dari arah Jalan Perintis Kemerdekaan menuju Cempaka Putih, Jalan Yos Sudarso menuju Cawang macet total.

Puluhan motor yang mencoba melintasi genangan air itu mogok. Akhirnya polisi lalu lintas memperbolehkan motor melintas di tol dalam kota Jalan Wiyoto Wiyono.

Sementara itu, genangan air setinggi 70-100 cm di Jalan Perintis Kemerdekaan hingga Cempaka Putih mengakibatkan pelayanan bus transjakarta koridor II tujuan Harmoni-Pulo Gadung terganggu sejak pagi hingga Senin sore.

Bus yang beroperasi sangat terbatas, hanya 20 dari 48 armada, ini beroperasi mulai pukul 12.00. Genangan air juga membuat rute perjalanan bus terbatas, dari Kalideres, Harmoni, berakhir di halte Senen dan sebaliknya.

Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta DA Rini mengatakan, ”Bus-bus tak bisa keluar dari pul pada pagi hari. Tetapi, setelah pukul 12.00, sebagian bus bisa dioperasikan. Bus-bus ini dioperasikan hanya sampai halte Senen,” kata Rini.(PIN/ARN/COK)
 



Post Date : 20 Januari 2009