Kali Sunter Ditinggikan Atasi Banjir

Sumber:Media Indonesia - 27 Agustus 2007
Kategori:Banjir di Jakarta
JAKARTA (Media): Departemen Pekerjaan Umum (PU) akan mengeruk dan meninggikan tanggul Kali Sunter. Pekerjaan itu direalisasikan September 2007.

Normalisasi Kali Sunter untuk menanggulangi banjir di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara (Jakut), yang pada Februari 2007 ketinggian air mencapai 2 meter.

Rencana normalisasi itu ditegaskan Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Departemen PU Iwan Nursiwan saat bertemu dengan warga Kelapa Gading, pekan lalu.

Ketua Forum Peduli Lingkungan Masyarakat Kelapa Gading Sudirman mengungkapkan Departemen PU menyepakati mengeruk endapan lumpur di Kali Sunter sepanjang 2 kilometer, kemarin.

Untuk mengurangi luapan Kali Sunter, peninggian tanggul akan dilakukan terutama di bagian kelokan kali. "Saat bertemu warga, Dirjen Sumber Daya Air juga menjanjikan membersihkan saringan sampah di sekitar tanggul Kharisma dan membongkar pintu air di area Kodamar," ujar Sudirman.

Pembersihan sampah sangat penting untuk memperlancar arus air kali, sedangkan pintu air dibongkar karena tidak bermanfaat.

Sementara itu, Executive Director Summarecon Kelapa Gading Adrianto P Adhi mengaku pihaknya tidak akan membangun sarana baru terkait dengan antisipasi banjir. Sarana yang ada saat ini, yakni 11 pompa air dinilai sudah cukup. Pompa-pompa tersebut berfungsi menyedot air hujan lokal yang menggenangi Kelapa Gading untuk dibuang ke Kali Sunter.

"Sarana pompa air sudah cukup. Permasalahannya, air yang disedot dan dibuang ke Kali Sunter kembali lagi karena kali meluap," tuturnya.

Sejak 2002, Summarecon mengoperasikan 11 pompa. Hingga akhir 2006, kawasan Kelapa Gading bebas banjir karena pembuangan air ke Kali Sunter berjalan normal.

Pada Februari 2007, endapan lumpur di Kali Sunter semakin tinggi sehingga air yang dibuang ke kali kembali lagi. Menurutnya, jika pemerintah tidak segera menormalisasi Kali Sunter, kawasan Kelapa Gading tetap menjadi bulan-bulanan banjir. (Mhk/J-2).



Post Date : 27 Agustus 2007