Kampung Pulo Sempat Terendam 1,6 Meter

Sumber:Media Indonesia - 20 Februari 2012
Kategori:Banjir di Jakarta
HUJAN di Bogor, Kampung Melayu, Jakarta Timur, terendam. Banjir kiriman dari Bogor, kemarin, menggenangi kawasan Kampung Pulo dan Kampung Melayu, hingga ketinggian 1,6 meter.
 
Air mulai mengisi rumahrumah warga pada dini hari dan terus meninggi dua jam kemudian. Said, 40, warga RT 03/RW 03 mengatakan banjir menghampiri rumahnya sekitar pukul 01.00 WIB dengan ketinggian 20-40 sentimeter.
 
Ke mudian pada pukul 03.00, banjir terus naik dengan ketinggian air mencapai 160 cm di bantaran Kali Ciliwung.
 
“Di wilayah Kampung Pulo ini sebanyak 15 RT terkena ban jir. Paling parah di RT 03 dan RT 04. Hanya RT 02 yang tidak terkena banjir karena berada di daratan tinggi,” tutur Budi, Ketua RT 03/RW 03 Kampung Pulo.
 
Rumah yang tergenang banjir sekitar 500 dan rata-rata memiliki loteng sehingga mereka masih bertahan. Meski demikian, Lurah Kampung Melayu Adhe Chairil Bahar mengaku sudah mendirikan tenda dapur umum di depan Kantor Kelurahan Kampung Me layu.
 
“Kami sudah mendirikan da pur umum untuk membantu korban banjir,” katanya.
 
Pihaknya juga telah menyosialisasikan kepada ketua RT setempat agar terus waspada.
 
Camat Jatinegara, Muchtar, tampak mendistribusikan ti ga gentong bubur kacang hijau atau setara dengan 90 liter berikut roti. “Bantuan ini dari Palang Merah Indonesia cabang Jakarta Timur untuk warga Kampung Pulo,” cetus Muchtar.
 
Banjir yang sudah sampai pada batas pintu rumah membuat warga Kampung Pulo terus memonitor ketinggian air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat. Pada pagi hari, ke tinggian debit air sempat me masuki situasi siaga, tetapi menjelang siang telah normal kembali.
 
“Saat ini ketinggian air di bawah normal, yaitu 30 cm. Tapi kemungkinan akan ada penambahan karena hujan me rata di seluruh wilayah Bo gor. Jadi, petugas masih siaga mengawasi ketinggian air,” kata Pelaksana Harian Bendung Katulampa Andi Sudirman, kemarin sore.
 
Andi menjelaskan ketinggian air mengalami kenaikan se kitar pukul 07.00 hingga pukul 08.45 pada posisi 50 cm. Air naik karena Bogor dan kawasan Puncak hujan merata Sabtu (18/2) mulai pukul 02.00. (*/DD/J-1)


Post Date : 20 Februari 2012