Kantong Plastik Siap Dikurangi

Sumber:Media Indonesia - 22 Maret 2010
Kategori:Sampah Jakarta

UNTUK mengurangi penggunaan kantong plastik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jaya. Upaya tersebut mendapat sambutan positif dari kalangan pengusaha.

Sebanyak 20 retailer di wilayah Jakarta telah menyatakan komitmen mereka untuk mendukung program Jakarta bebas kantong plastik pada 2011.

"Mereka telah menyampaikan kesiapan untuk mengurangi pemakaian kantong plastik dalam setiap kegiatan mereka. Sebanyak 20 pengusaha telah setuju bergabung untuk mendukung program tersebut," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Jakarta, kemarin.

Kendati tidak menyebut nama-nama perusahaan, Fauzi meyakini jumlah retailer yang mendukung program pengurangan kantong plastik akan terus bertambah. "Nanti kalau sudah lengkap dan pasti kami akan mengumumkan," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Dengan besarnya dukungan dari kalangan retailer, Foke optimistis upaya program Jakarta bebas kantong plastik sudah bisa dilaksanakan pada pertengahan tahun ini. Program Jakarta bebas kantong plastik bisa diwujudkan pada 2011.

Sosialisasi pengurangan kantong plastik juga akan dilakukan pula kepada warga Jakarta. Sebab, kata Foke, kantong plastik merupakan polutan yang merusak lingkungan dalam jangka panjang.

Foke juga meminta warga Jakarta mulai mengurangi penggunaan kantong plastik sejak sekarang. Untuk itu, pemprov akan melibatkan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan LSM pecinta lingkungan.

Terkait dengan program tersebut, Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang DKI Ahmad Haryadi mengatakan pelaksanaan program pengurangan kantong plastik akan dimulai bersamaan dengan hari ulang tahun Kota Jakarta pada Juni 2010. Artis dilibatkan Di kesempatan lain, Pemerintah Kota Jakarta Selatan menggelar gerakan penghijauan dengan menanam pohon kemarin pagi.

Dalam kegiatan itu, pejabat Pemerintah Kota Jakarta Selatan menanam pohon di Jl Raya HR Rasuna Said, Kecamatan Setiabudi.

Pada acara penanaman pohon yang bertajuk Making a Difference for a Greener Jakarta di halaman Gedung Parfi, Jakarta Selatan, Gubernur DKI Fauzi Bowo yakin kegiatan tersebut menyehatkan. Oleh karena itu, gerakan penghijauan diminta diwajibkan dan diteruskan secara berkala.

"Kita hijaukan Jakarta untuk menekan global warming. Ibu kota Jakarta kita juga akan semakin terkurangi dari dampak polusi," ujar Fauzi pada acara yang turut dihadiri Wali Kota Jakarta Selatan Syahrul Effendi, Camat Setiabudi Makmur, Ketua Umum Parfi (Persatuan Artis Film Indonesia) Jenny Rachman, pengurus Parfi, dan komunitas Bike to Work pekerja bank.

Foke, panggilan akrab Fauzi Bowo, dan Syahrul Effendi berharap para artis Ibu Kota turut berpartisipasi memelopori penghijauan. Alasannya, para artis merupakan tokoh publik yang bisa mengajak dan menarik masyarakat melakukan penghijauan.

Dalam kesempatan itu, Foke secara simbolis menanam pohon Trembesi dan Tanjung di Jl HR Rasuna Said. Tak hanya itu, Pemda DKI juga mendapat sumbangan 300 pohon dari Deutsche Bank dan 100 pohon dari Parfi. Selamat Saragih



Post Date : 22 Maret 2010