Kekeringan Semakin Luas

Sumber:Suara Merdeka - 17 Juli 2009
Kategori:Kekeringan

SLAWI - Kekeringan di Kabupaten Tegal semakin meluas. Setelah sebelumnya melanda empat desa di Kecamatan Jatinegara, kini ada 10 desa lain di Kecamatan Jatinegara dan Suaradadi yang melaporkan wilayahnya mengalami kekeringan. Ribuan warga yang tinggal di 10 desa di dua kecamatan kini mulai merasakan kesulitan air bersih.

Berdasarkan data yang masuk ke Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Tegal, tujuh dari 10 desa yang mengalami kekeringan itu berada di Kecamatan Jatinegara. Yakni Wotgalih, Tamansari, Lembasari, Luwijawa, Dukuhbangas, Lebakwangi dan Capar.

Sementara, tiga desa lainnya berasal dari Kecamatan Suradadi. ”Laporan kekeringan ke Kesbangpolinmas, ada 10 desa yang kini kesulitan air bersih. Dari total desa yang dilanda kekeringan, tiga di antaranya dari Kecamatan Suradadi belum memberikan data secara rinci,” katanya Kepala Kesbangpolinmas, Drs Bambang Puji Waluyo MSi.

Khusus Jatinegara, menurut dia, kecamatan tersebut secara tertulis telah mengajukan permintaan air bersih supaya dipasok ke tujuh desa. Terkait dengan kondisi itu, pihaknya sudah membuat surat edaran ke seluruh camat dan kepala desa di daerah rawan kekeringan untuk melaporkannya kejadian ke Kantor Kesbangpolinmas.

Sumber Air

Camat Jatinegara, Suharinto SSos MSi mengatakan, warga kini membutuhkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Karena itu, pihaknya mengajukan permintaan air bersih itu ke Pemkab Tegal.

Sebab, warga kini sudah memanfaatkan sumber air di sendang guna memenuhi kebutuhan tersebut. Di samping itu, mereka juga telah banyak yang mencari air di luar Kecamatan Jatinegara.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten Tegal Drs H Nurcholis BM mengatakan telah menyiapkan 673 tangki (berisi 4.000 liter) guna memenuhi permintaan warga yang daerahnya dilanda kekeringan.

“Saat ini, kami sedang menunggu proses pencairan dana untuk membeli air bersih dari Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Jawa Tengah di Slawi,” tandasnya.

Ia menjelaskan, telah ada 10 desa dari dua kecamatan yang meminta air bersih. Bantuan yang diberikan nantinya tergantung dari banyaknya kebutuhan warga. (J17-52)



Post Date : 17 Juli 2009