Kemitraan Akan Garap MDGs

Sumber:Kompas - 19 April 2007
Kategori:MDG
Jakarta, Kompas - Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendorong kebijakan yang berpihak kepada rakyat kecil adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemerintahan yang baik dan transparan. Sebab, pemerintahan yang baik dan terbuka akan memberi akses bagi publik ikut memantau dan melakukan advokasi jika ada kepentingan rakyat yang terabaikan.

"Untuk itu, media massa menjadi faktor penting, diberdayakan dan dimobilisasi agar secara terus-menerus meningkatkan kesadaran masyarakat dan memberi akses informasi tentang pemerintahan yang dijalankan," ujar Erna Witoelar, duta PBB untuk masalah Millenium Development Goals (MDGs) Asia Pasifik di sela penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Belanda dan lembaga swadaya masyarakat Kemitraan di Jakarta, Rabu (18/4).

Pemerintah Belanda berkomitmen membantu Rp 4,7 miliar kepada Kemitraan untuk pemberdayaan masyarakat agar mampu memantau dan melakukan advokasi jika kebijakan pemerintah tidak berpihak kepada rakyat miskin. Dengan memberdayakan masyarakat, diharapkan kebijakan pemerintah dalam pembangunan akan makin dekat dengan delapan tujuan yang tertuang dalam deklarasi MDGs.

Deklarasi MDGs adalah pernyataan komitmen dari 188 negara pada tahun 2000, termasuk Indonesia, untuk melakukan segala upaya guna mengurangi delapan target masalah yang banyak dihadapi negara-negara. Kedelapan target deklarasi adalah pemberantasan kemiskinan dan kelaparan, mewujudkan pendidikan dasar, mendorong kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan, memerangi HIV/AIDS dan berbagai penyakit lain, menjamin kelestarian lingkungan hidup dan pengembangan kemitraan global. Targetnya, pada tahun 2015 kemiskinan dunia akan berkurang setengahnya. Untuk itu, negara kaya harus memberi bantuan dan memberi keringanan utang. (nug)



Post Date : 19 April 2007