Kesehatan Lingkungan

Pengarang:Juli Soemirat
Penerbit:Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2011; xx, 268 hal + tabel + gambar, 24 cm
No. Klasifikasi:628 Soe k
Kata Kunci:Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Penyakit, Air, Pencemaran.
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Salah satu usaha untuk menyehatkan masyarakat adalah dengan melalui pengelolaan lingkungan. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja akan tetapi partisipasi seluruh anggota masyarakat turut menentukan. Penilaian kesehatan masyarakat dapat dilakukan dengan menilai lingkungannya, dimana kualitas lingkungan yang baik yakni dapat memenuhi baku mutu lingkungan akan mencerminkan perilaku masyarakat disekitarnya.

Air, udara, tumbuhan, hewan , tanah dan lingkungan sosial merupakan sumber daya bagi kehidupan manusia, sehingga perlu dijaga kesehatannya.  Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 60% sumber daya kehidupan ini sudah rusak, sehingga perlu segera diambil tindakan untuk memperbaikinya dan mengelola perilaku masyarakat agar kehidupan yang sehat dapat terus terjaga.

Buku ini tidak hanya mengungkapkan banyaknya usaha yang perlu dilakukan untuk menyehatkan lingkungan dan masyarakat, akan tetapi membahas pula tentang lingkungan air, bagaimana memanfaatkannya, berbagai konsekuensi dari pemanfaatan tersebut terhadap lingkungan  khususnya bagi kesehatan masyarakat, pencemaran dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh pencemaran, penyakit bawaan lingkungan  dan lainnya.



Post Date : 02 April 2012