KLH Siapkan Rp 3 Miliar untuk Kelola Sampah

Sumber:Koran Tempo - 11 Desember 2006
Kategori:Sampah Jakarta
JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) akan menyiapkan dana Rp 3 miliar pada 2007 guna membenahi pengelolaan sampah di tiga kota di Jawa. Setiap kota akan mendapat alokasi dana Rp 1 miliar. "Tapi kami belum menentukan kota-kotanya," kata Gempur Adnan, Deputi Pengendalian dan Pencemaran Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup, yang dihubungi Tempo kemarin.

Dana yang diperoleh dari anggaran pendapatan dan belanja negara itu direncanakan untuk membuat sistem pengelolaan sampah dengan metode 3R, yaitu reduce, reuse, dan recycle. Dengan metode ini, limbah dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga tidak menimbulkan pencemaran. Mekanismenya adalah dengan memilah-milah sampah yang bisa dimanfaatkan, untuk kemudian diproduksi ulang.

Metode 3R dianggap bisa menjadi solusi terbaik dalam penanganan sampah di perkotaan. Sayangnya, selama ini, sistem 3R baru dilakukan di tingkat lingkungan. "Kami akan mencoba menerapkan pengelolaan 3R untuk tingkat kota," ujarnya.

Meski belum menentukan kota-kota yang akan menerima dana tadi, Kementerian Lingkungan Hidup sudah memiliki beberapa kriteria. Yang paling utama adalah kota dengan manajemen pengelolaan sampah terburuk. Selain itu, komitmen pemerintah daerah pada pengelolaan sampah menjadi pertimbangan.

Untuk tingkat kota, metode 3R sebenarnya sudah diterapkan sejak awal 2006 di Bandung. Di sini Kementerian bekerja sama dengan Departemen Pekerjaan Umum, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan pemerintah daerah. Ada enam titik yang menjadi fokus utama, antara lain Pasar Induk Ciroyom, Pasar Induk Caringin, dan Tegallega. NININ DAMAYANTI



Post Date : 11 Desember 2006