Komisi Gabungan Bahas TPA Citatah

Sumber:Republika - 28 Februari 2006
Kategori:Sampah Luar Jakarta
SOREANG -- DPRD Kabupaten Bandung akan membahas rencana pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) Citatah melalui rapat gabungan Komosi B dan C. Rapat tersebut akan membahas mengenai surat aspirasi masyarakat Citatah yang keberatan atas rencana pembangunan TPA di wilayah mereka.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung, M Ikhsan, mengatakan, surat aspirasi tersebut diterimanya pada Senin (27/2). Selanjutnya, kata dia, dirinya bersama anggota dewan lain akan mengatur agenda pertemuan dengan masyarakat TPA. Rencananya, ungkap dia, agenda tersebut akan dilaksanakan pada pekan ini.

''Selepas pertemuan itu nantinya dewan juga perlu mengadakan pertemuan dengan pemkab,'' ujar Ikhsan, menjelaskan kepada wartawan di Soreang, Senin (27/2). Ia menilai, selama ini pemkab nyaris tidak memberikan kepastian apapun kepada masyarakat Citatah tentang rencana tersebut. Hal tersebut, lanjut Ikhsan, bisa menimbulkan dampak yang multitafsir terhadap sikap pemkab. ''Sosialisasi kepada masyarakat pun seharusnya lebih fokus dilakukan terhadap dampak lingkungan,'' katanya menegaskan.

Dikatakan Ikhsan, penelitian mengenai dampak lingkungan yang akan ditimbulkan harus dilakukan secara mendalam, baik oleh pemkab maupun oleh pengembang. Dia mengaku tidak menemukan adanya rencana pembangunan TPA di wilayah Citatah dalam Perda No 12 tahun 2001 tentang RTRW Kabupaten Bandung.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandung, Drs Husni Muttaqin, menyatakan hingga saat ini belum ada solusi masalah TPA sampah. Hal ini, terkait semakin dekatnya rencana penutupan TPA Cicabe pada 28 Februari 2006 dan belum siapnya penggunaan TPA di Citatah.

''Saya belum mendengar adanya solusi dari pemerintah mengenai masalah TPA,'' ujar Husni, ketika ditemui pada pelaksanaan PIN putaran IV di Rumah Zakat Indonesia (RZI) Senin (27/2). Meskipun demikian, kata dia, pemerintah lintas wilayah telah melakukan pertemuan formal membahas jalan keluar terhadap permasalahan itu.

Menurut Husni, masalah sampah akan terkendala dengan rencana penutupan TPA Cicabe pada 28 Februari 2006 dan belum siap beroperasinya TPA di Citatah. ''Sampah mau dibuang ke mana setelah tanggal 28 Februari 2006?'' ujarnya menyampaikan kekhawatirannya.

Dikatakan Husni, PT Bandung Raya Indah Lestari (BRIL) akan sulit mengoperasikan TPA di Citatah setelah ditutupnya TPA Cicabe tanggal 28 Februari 2006. ''Masalah perizinannya masih panjang, izin pemanfaatan tanah saja ternyata belum keluar,'' tuturnya menambahkan.

Selain itu, menurut Husni, terjadi simpang-siur pendapat mengenai keberadaan TPA di Citatah. PT BRIL, kata dia, mengaku tidak ada masalah dengan masyarakat sekitar TPA. ''PT BRIL sudah sudah melakukan negosiasi dengan masyarakat sekitar lokasi TPA Citatah dan tidak ada masalah,'' katanya.(dra/rig )

Post Date : 28 Februari 2006