Konferensi Sanitasi Air Minum Nasional 2011 Tunjukkan Kemajuan

Sumber:Media Indonesia - 14 Oktober 2011
Kategori:Sanitasi

JAKARTA-MICOM: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Prof Dr Armida Alisjahbana MA mengatakan adalima kemajuan yang telah dicapai dalam Konferensi Sanitasi Air Minum Nasional (KSAN) 2011 ini. 

 
Hal ini disampaikan oleh Menteri saat menghadiri acara penutupan KSAN di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (13/10). 
 
Kelima kemajuan tersebut antara lain adalah keikutsertaan kota dan kabupaten yang menjadi peserta KSAN. Tahun ini, ada 330 peserta. 
 
"Pada KSAN pertama hanya dihadiri 26 kabupaten dan kota, sementara KSAN kedua dihadiri 126 kabupaten dan kota, kali ini hampir 330 kota dan kabupaten hadir," kata ketua panitia Ketua Panitia KSAN, Nugroho Tri Utomo. 
 
Kemajuan yang lain adalah meningkatnya hubungan antara pemerintahan daerah dan pusat. Selain itu, hubungan dana stimulan dari pemerintah pusat juga terus meningkat karena metodenya diperbaharui menjadi dana stimulan berbasis kinerja. 
 
Lebih lanjut Menteri menjelaskan kemajuan yang dicapai KSAN kali ini adalah koordinasi berbagai pihak yang makin membaik dan peningkatan investasi di sektor air yang juga makin meningkat. 
 
Selain memaparkan kemajuan KSAN 2011, Menteri juga menyatakan apresiasinya terhadap semua pihak yang telah membuat acara ini berhasil. "Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi pada seluruh pihak terutama Pokja AMPL yang telah berhasil menyelenggarakan acara ini, acara ini sudah menjadi pembelajaran nasional dan akan menjadi agenda rutin kita," kata Armida Alisjahbana. 
 
Dalam acara yang sama, ketua panitia Ketua Panitia KSAN, Nugroho Tri Utomo juga menyatakan terimakasih pada semua pihak atas keberhasilan acara ini. "Saya lega dan berterimakasih pada semua pihak atas keberhasilan acara ini, sekarang saatnya menjawab tantangan bagaimana kita bisa menjalankan semua yang sudah kita bahas dalam forum," kata Nugroho. (Ant/OL-2)


Post Date : 14 Oktober 2011