Konsultan Meninjau Kondisi Sanitasi Cimahi

Sumber:Pikiran Rakyat - 26 Januari 2010
Kategori:Sanitasi

CIMAHI, (PR).- Kota Cimahi dinilai sukses dalam menjalankan projek pembangunan septic tank komunal di wilayah permukiman padat. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan untuk mendapatkan bantuan dana hibah dari dunia internasional. Pemberian dana itu nantinya akan diperuntukkan bagi seluruh projek yang berhubungan dengan sanitasi di masyarakat, khususnya masyarakat miskin.

Wali Kota Cimahi Itoc Tochija mengatakan, selama dua hari Cimahi akan ditinjau langsung oleh para konsultan dari PT Glendale Partners. Para konsultan itu akan meninjau seluruh projek yang berhubungan dengan sanitasi di perkotaan. ”Kedatangan mereka ini, karena tertarik dengan projek pembangunan sanitasi yang telah kami paparkan sebelumnya. Mereka datang langsung untuk melihat sendiri keberlangsungan projek itu. Salah satunya adalah pembangunan septic tank komunal,” kata Itoc yang ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Senin (25/1).

Pada kesempatan itu, para konsultan meninjau beberapa titik yang rencananya akan dibangun septic tank komunal. Tempat-tempat itu di antaranya adalah Kel. Melong, Cigugur Tengah, Cibeureum, dan Cipageran. Menurut Itoc, pemilihan lokasi peninjauan diarahkan pada tempat-tempat yang tidak memiliki sanitasi. Ia mengatakan, rencana ke depannya, tempat-tempat itu akan dilengkapi dengan septic tank komunal, saluran air, dan jalan lingkungan.

Koordinator Pengembangan Projek PT Glendale Partners Ida Syukur mengatakan, peninjauan dilakukan untuk mengidentifikasi projek-projek yang layak untuk diberikan dana hibah. Untuk tahun ini, yang menjadi fokus adalah masalah sanitasi terutama pada lingkungan masyarakat miskin.

”Sebenarnya, program ini merupakan pemberian dana hibah untuk Indonesia yang disponsori oleh lembaga donor internasional dan kami dari Glendale harus melakukan pengecekan ke lokasi yang akan diberikan bantuan. Nantinya, hasil peninjauan ini akan kami rekomendasi dan nominasikan kepada mereka,” ujarnya.

Dari peninjauan itu, pembangunan septic tank komunal di permukiman padat menjadi perhatian. Pihak Glendale menilai, projek pembangunan septic tank komunal di Cimahi cukup baik karena memiliki perencanaan dan desain yang baik.

”Dana untuk satu projeknya diperkirakan bisa mencapai 1 juta dolar AS  atau mungkin bisa juga dua kali lipat dari itu. Tergantung pada kriterianya,” katanya. (A-177)



Post Date : 26 Januari 2010