Kurangi Bau Sampah TPS Mulai Disemprot

Sumber:Pikiran Rakyat - 01 Februari 2006
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BANDUNG,(PR).Untuk menanggulangi masalah bau sampah di TPS, Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung bekerja sama dengan Masyarakat Peduli Lingkungan (MPL) mengadakan penyemprotan atau fogging di beberapa TPS Kota Bandung, Selasa (31/1).

Penyemprotan dilakukan antara lain di TPS Jalan Sadang, TPS Maleber, TPS Gunung Batu, dan TPA darurat Cicabe. Kegiatan itu dilakukan untuk menanggapi keluhan masyarakat mengenai bau tidak sedap yang ditimbulkan dari tumpukan sampah.

Kepala Bagian Umum PD Kebersihan, Toha Wahyudin mengatakan, TPS yang disemprot adalah TPS-TPS yang berada di lingkungan perumahan dan banyak menimbulkan keluhan dari warga.

Prioritasnya adalah TPS yang banyak dikeluhkan warga, seperti TPS Jalan Sadang ini, ujarnya.

Di TPS yang letaknya bersebelahan dengan kantor BPLH Kota Bandung itu, sampah sudah menggunung bahkan menutupi badan jalan dan menimbulkan bau tidak sedap.

Formula MPL

Toha menjelaskan, penyemprotan kali ini merupakan uji coba formula yang dikenalkan oleh MPL. Biasanya penyemprotan menggunakan minyak sirih yang dicampur dengan minyak tanah, tapi sekarang dicoba menggunakan formula MPL. Formula yang digunakan dalam penyemprotan tersebut adalah formula mikroorganisme hasil temuan MPL.

Staf Bidang Teknologi MPL, Adi Sopyan mengatakan, formula itu ramah lingkungan dan dapat langsung mengurai sampah organik, sehingga bau sampah bisa hilang.

Program ini merupakan program rutin sebelum TPA baru siap digunakan, kata Adi.

Ketua Umum MPL, Ishak Sunandar berharap, kegiatan sanitasi lingkungan itu dapat membantu pemkot dalam mengatasi permasalahan sampah. Minimal bau sampah hilang, ujarnya. (A-157)

Post Date : 01 Februari 2006