Langkah Awal Air Bersih dan Sanitasi Dasar

Sumber:Pontianak Post - 30 Agustus 2005
Kategori:Sanitasi
Singkawang,- Pemkot Singkawang akan meningkatkan akses dan partisipasi masyarakat dalam menciptakan lingkungan sehat dan upaya pencegahan penyakit menular. Langkah ini disusun dalam arah kebijakan umum pembangunan 2005 bidang kesehatan.

Program yang dicanangkan untuk mencapai arah kebijakan tersebut diantaranya peningkatan lingkungan sehat. Dilakukan dengan cara penyediaan sarana air bersih dan sanitasi dasar, pengawasan kualitas lingkungan serta pengendalian dampak resiko lingkungan. "Hasil yang kita harapkan, meningkatnya proporsi keluarga yang memiliki akses terhadap sanitasi dasar, menurunnya faktor resiko lingkungan penyebab penyakit dan gangguan kesehatan. Serta meningkatnya jumlah kawasan/wilayah sehat," kata Wakil Walikota Singkawang, Drs. Raymundus Sailan. Program berikutnya pencegahan dan pemberantasan penyakit. Progrram ini dilakukan dengan upaya pencegahan dan penanggulangan faktor resiko, peningktan imunisasi, peningkatan komunikasi informasi dan edukasi (KIE), pencegahan dan pemberantsan penyakit dan peningkatan surveilens penyakit menular. Sasaran yang diharapkan dari program ini, meningkatnya cakupan imunisasi dan menurunnya angka kesakitan dan penderita akibat penyakit malaria, DBD,Diare,dan HIV/AIDS. Juga terlaksanaya surveilens epidemiologi dan penanggulangan wabah.

Arah kebijakan selanjutnya yang turut disusun dalam AKU Pembangunan 22005 meningkatkan kualitas dan cakupan jangkauan dan pelayanan kesehatan. Untuk mencapai itu, pihaknya akan melakukan peningkatan upaya kesehatan, pelayanan kesehatan dasar bagi penduduk miskin di lini terdepan. Juga melakukan pengadaan, peningkatan dan perbaikan sarana dan prasarana puskesmas dan jaringan kesehatan dan pengadaan serta perbekalan kesehatan termasuk obat-obatan. "Tak ketinggalan peningkatan dan pelayanan kesehatan dasar yang mencakup promosi kesehatan, kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, perbaikan gizi,kesehatan lingkungan,"katanya.

Hasil yang diharapkan dari program ini meningkatnya tingkat kunjungan (visit rate) penduduk dan penduduk miskin ke puskesmas, meningkatnya cakupan pelayanan dan terlaksananya pengadaan peralatan medis dan paramedis. Meningkatkan kualitas gizi keluarga dan perbaikan gizi masyarakat juga menjadi arah kebijakan umum pembangunan di bidang kesehatan. Dengan melakukan, peningkatan pendidikan gizi keluarga, penanggulangan kurang energi protein(KEP), anemia gizi besi,gangguan akibat kurang yodium(GAKY), kurang vitamin A,dan kekurangan zat gizi mikro lainnya dan peningkatan surveilens gizi. "Dari program ini sasaran yang dicapai menurunnya prevalensi kurang gizi pada balita. Meningkatnyausia harapan hidup, meningkatkan profesionalisme SDM kesehatan dengan penyediaan tenaga ahli sumber daya kesehatan dan peningkatan SDM tenaga kesehatan," ujarnya seraya menambahkan semuanya dicanangkan mencapai Singkawang Sehat 2010. Laporan Evie Silvina, Singkawang

Post Date : 30 Agustus 2005