Laporan Akhir Studi Preferensi Masyarakat terhadap Model Pembangunan Pelayanan Air Minum Berbasis Masyarakat

Penerbit:Jakarta, Direktorat Permukiman dan Perumahan, Bappenas, Desember 2007, vii + 117 hal + lamp
Tahun Terbit:Th. 2007
No. Klasifikasi:363.61 DIR l
Kata Kunci:laporan studi, mode, pelayanan air minum berbasis masyarakat, preferensi masyarakat
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Laporan

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat preferensi masyarakat terhadap model pembangunan prasarana air minum berbasis masyarakat yang selama ini telah dicoba untuk diterapkan sehingga diperoleh masukan dalam pelaksanaan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat ke depan. Selain itu, diharapkan dengan ditemukenali model yang sesuai dengan preferensi masyarakat akan memperbaiki efektifitas investasi pembangunan prasarana dan sarana air minum.
 
Kegiatan studi ini menghasilkan keluaran sebagai berikut, yaitu 1) Penilaian terhadap proyek pembangunan pelayanan air minum berbasis masyarakat yang telah dan sedang dilaksanakan, 2) Evaluasi jenis pendekatan pembangunan air minum berbasis masyarakat berdasarkan data yang dikumpulkan, dan 3) Rekomendasi bagi stakeholders terkait, terutama para pengambil kebijakan mengenai preferensi masyarakat terhadap model pembangunan penyediaan air minum yang berbasis masyarakat.
 
Kegiatan studi yang dilakukan meliputi beberapa aspek yang menjadi fokus dari studi. Aspek-aspek tersebut meliputi aspek proses pembangunan prasarana dan sarana yang berbasis masyarakat, aspek esensi dari pembangunan prasarana dan sarana air minum berbasis masyarakat, aspek investasi, serta aspek preferensi masyarakat terhadap model pembangunan prasarana dan sarana air minum berbasis masyarakat.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar

Bab I. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Studi
1.2 Perumusan Masalah
1.3 Tujuan Studi
1.4 Output/ Keluaran Studi
1.5 Ruang Lingkup/ Fokus Studi
1.6 Rangkaian Kegiatan Studi
1.7 Sistematika Penulisan Laporan

Bab II. Tinjuan Pustaka
2.1 Pelayanan Publik dan Pelayanan Air Minum
2.2 Model Pelayanan Air Minum Berbasis Masyarakat
2.3 Konsep dan Model Pemberdayaan Masyarakat

Bab III. Metodologi
3.1 Kerangka Pendekatan Studi
3.2 Metode Pengumpulan Data/ Informasi
3.3 Metode Analisa Data/ Informasi
3.4 Penentuan Wilayah/ Lokasi Studi dan Sampel

Bab IV. Hasil Survei Di Lima Wilayah Penelitian
4.1 Instrumen Survei
4.2 Deskripsi Hasil Survei di Lima Wilayah
4.3 Analisa Lebih Lanjut dari Hasil Survei

Bab V. Analisa Hasil
5.1 Spesifikasi Model
5.2 Hasil Regresi
5.3 Hasil Regresi Lebih Lanjut terhadap Kondisi Eksisting

Bab VI. Penutup
6.1 Kesimpulan
6.2 Saran/ Rekomendasi Kebijakan
6.3 Keterbatasan Studi

Daftar Pustaka
Lampiran
 



Post Date : 19 Juni 2008