Laporan Pelaksanaan Pelatihan Teknis CWSH Tahun Anggaran 2007

Penerbit:Jakarta, SNVT Pembinaan dan Pengendalian Prasarana dan Sarana Dasar Perdesaan Ditjen Cipta Karya, Dep.PU, 2007
Tahun Terbit:Th. 2007
No. Klasifikasi:350. 007 6 SAT l
Kata Kunci:laporan pelatihan, CWSH
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding
Melalui Communities Water Services and Health Project (CWSH) pinjaman Bank Pembangunan Asia (ADB), Pemerintah Indonesia telah memprogramkan bantuan untuk pengadaan Sarana Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan Permukiman Perdesaan yang pelaksanaannya untuk Propinsi Jambi, Bengkulu, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, sedangkan untuk NAD dan Sumatera Utara mendapatkan bantuan berupa Grand dari CWSHP untuk membantu penanggulangan bencana tsunami. Seperti pada proyek WSLIC-2, proyek CWSH ini menekankan pada peran serta masyarakat (dari perencanaan sampai dengan pasca konstruksi), sehingga Pemerintah Kabupaten/Kota punya tanggung jawab yang semakin berat untuk membina dan membimbing masyarakat secara intensif.

Maksud dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan teknis dalam bidang air bersih serta untuk mendapatkan masukan dari peserta propinsi maupun kabupaten mengenai kesiapan dalam penerimaan proyek ini.

Pelatihan Teknis CWSH dilaksanakan pada tanggal yang sama yaitu tanggal 18-27 Juni 2007 di dua tempat yang berbeda, di Jambi dan Pontianak. Pelatihan dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan kegiatan di dalam ruangan berupa penyajian materi oleh penyaji/instruktur, diskusi dan tanya jawab, serta praktek lapangan sesuai dengan sarana dan prasarana air bersih yang akan dibangun.

Output dari pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan dan ketrampilan aparat/petugas pengelola proyek di masing-masing propinsi/kabupaten sehingga proyek di daerah dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Daftar Isi:

Bab I. Pendahuluan
Bab II. Persiapan Penyelenggaraan Pelatihan
Bab III. Pelaksanaan Pelatihan
Bab IV Kesimpulan dan saran
Lampiran-Lampiran


Post Date : 12 November 2007