Laporan Pelaksanaan Pelatihan Teknis Sanimas, Surabaya 4 - 14 Juli 2006 TA 2006

Pengarang:Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Pembinaan dan Pengendalian Prasarana dan Sarana Dasar Pedesaan.
Penerbit:Jakarta, Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Pembinaan dan Pengendalian Prasarana dan Sarana Dasar Pedesaan, 2006
Tahun Terbit:2006
No. Klasifikasi:350. 007 6 SAT l
Kata Kunci:prosiding, palatihan sanimas, Surabaya
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding
Pembangunan prasarana dan sarana air limbah di Indonesia saat ini belum mencapai kondisi yang diinginkan terutama di kawasan padat penduduk, kumuh dan miskin perkotaan. Penyediaan prasarana dan sarana air limbah permukiman adalah satu kebutuhan dasar manusia dan merupakan tanggung jawab bersama, baik masyarakat, swasta maupun pemerintah.
Salah satu solusi dalam meningkatkan penyediaan prasarana dan sarana air limbah permukiman di lingkungan permukiman padat dan kumuh telah dikembangkan kegiatan Sanimas (Sanitasi oleh Masyarakat).

Maksud dari diadakannya pelatihan ini adalah disamping untuk memberikan pengetahuan fasilitator dalam bidang sarana air limbah juga untuk mendapatkan masukan dari peserta propinsi maupun kabupaten mengenai kesiapan dalam penerimaan proyek.

Kegiatan pelatihan diselenggarakan di dalam ruangan. Kegiatan tersebut berupa penyampaian materi pelatihan yang berhubungan dengan sanimas, diskusi dan tanya jawab langsung antara peserta dengan instruktur materi, diskusi dan pemecahan permasalahan yang dihadapi oleh peserta pelatihan di masing-masing daerah. Serta praktek lapangan sesuai dengan sarana dan prasarana air limbah yang akan dibangun.

Output dari kegiatan pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan dan ketrampilan aparat/petugas pengelola proyek di masing-masing propinsi/ kabupaten sehingga pengerjaan proyek di daerah dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.



Post Date : 20 Desember 2006