Laporan Pertemuan ke-6 Jejaring AMPL Diskusi Panel Media dan Kampanye Penyehatan Lingkungan

Penerbit:Jakarta, Jejaring AMPL, 2008, 9 hal
Tahun Terbit:Th. 2008
No. Klasifikasi:363.7 JEJ l
Kata Kunci:prosiding, laporan kegiatan, diskusi media, kampanye penyehatan lingkungan, Jejaring AMPL
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding

Buruknya perilaku penyehatan lingkungan (AMPL) merupakan kendala serius dalam mengurangi tingkat kemiskinan. Akibatnya masyarakat harus menanggung beban berupa menurunnya kualitas lingkungan, mahalnya biaya untuk mendapatkan air minum dan memburuknya tingkat kesehatan.
 
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan keterlibatan dan komitmen semua pihak. Jejaring AMPL yang merupakan jaringan komunikasi antar pelaku sektor Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) mengajak semua pihak yang tertarik melakukan upaya penyelamatan lingkungan untuk bertemu dan berbagi pengalaman yang telah dilakukan terutama dalam kaitannya dengan perubahan perilaku publik terhadap pencemaran lingkungan.

Tujuan dari pertemuan ini adalah diharapkan para peserta bersama-sama dapat saling berbagi pengalaman untuk menggali dan menemukan metode dan strategi-strategi alternatif dalam rangka perubahan perilaku yang lebih efektif dan upaya pencegahan pencemaran lingkungan, berbagi pengalaamn dalam metode-metode kampanye penyehatan lingkungan dan media yang digunakan, serta sebagai pertemuan regular para anggota jejaring dan kesepakatan program kerja 2008.

Pertemuan Jejaring AMPL ke-6 ini bertema “Media dan Kampanye Penyehatan Lingkungan” yang terkait dengan Hari Lingkungan Hidup tanggal 5 Juni dan Tahun Sanitasi Internasional 2008, dilaksanakan tanggal 12 Juni 2008 di Ruang Sapta Taruna Departemen Pekerjaan Umum. Acara dimulai dengan perkenalan seluruh peserta pertemuan, dilanjutkan dengan sambutan oleh Jan T.L Yap dari IHE Indonesia, Direktur Perumahan dan Permukiman Bappenas (diwakili oleh Nugroho Tri Utomo), dan Departemen Pekerjaan Umum (diwakili oleh Bambang Purwanto). Acara dilanjutkan dengan presentasi bergulir, yaitu sesi pameran produk media (metode pemanfaatan media untuk membumikan isu AMPL). Peserta dibagi menjadi 5 kelompok, lalu masing-masing berkunjung ke stand pameran untuk mendapatkan penjelasan dari masing-masing perwakilan institusi peserta pameran. Acara berlanjut ke presentasi diskusi panel, dengan narasumber Setyo Sarwanto (dari Program Studi Lingkungan UI), Irena Retika (DAAI TV), Wiwit Heris (WASPOLA), dan Manfred Oepen (JAS). Terakhir, acara ditutup  secara bersama-sama dengan komitmen bersama.

Output dari pertemuan Jejaring ke-6 ini adalah adanya penemuan metode dan strategi-strategi alternative dalam rangka perubahan perilaku yang efektif, serta komitmen bersama untuk fokus, saling mendukung dan mensukseskan pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan di Indonesia.

Daftar Isi:

I. Latar Belakang
II. Tujuan
III. Tema Kegiatan
IV. Jadwal dan Tempat Pelaksanaan
V. Peserta
VI. Diskusi Panel
VII. Proses Penyelenggaran 
 



Post Date : 20 Juni 2008