Linggau Tergenang Air

Sumber:Koran Sindo - 13 Agustus 2009
Kategori:Drainase

LUBUKLINGGAU (SI) – Hujan deras yang melanda Kota Lubuklinggau tiga hari terakhir ini membuat sebagian kawasan jalan protokol tergenang air.

Akibatnya, warga mengeluh karena genangan air sering masuk ke rumah dan warung mereka.Genangan air tersebut dapat dilihat di Jalan Yos Sudarso, depan Supermarket Ceria, dekat SPBU Tabah Jemekeh, dan di sekitar Lapangan King Futsal. “Katanya pemerintah sudah melakukan tindakan dan antisipasi masalah genangan air ini.Tetapi, sampai sekarang masih saja terjadi.

Memang saya lihat sering mobil milik Dinas PU bersama pekerjanya membersihkan siring atau got, tapi kalau hujan deras, genangan air masih saja muncul,” ungkap Nurcahyo, warga Kelurahan Watervang, yang mengaku melihat genangan air di kawasan Supermarket Ceria kemarin. Dia khawatir, jika genangan air tidak segera diatasi, debit air akan terus bertambah.

Dampaknya, air dari jalan bakal masuk ke rumah-rumah warga atau warung yang berada persis di pinggir jalan yang tergenang air.”Sekarang memang air baru sampai lutut kaki kalau masuk. Tetapi, siapa yang mau jamin kalau hujan deras terus sampai pagi,”tandasnya.

Dia berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau mencarikan solusi agar jalan protokol di Kota Linggau tidak digenangi air lagi.”Apalagi,sekarang sudah banyak pembangunan ruko bertingkat di sepanjang Jalan Yos Sudarso. Sementara, kapasitas siring banyak yang tidak dapat menampung air hujan,”katanya.

Pengawas lapangan saluran air Dinas PU CK Kota Lubuklinggau Lukman Hakim mengatakan, selama ini Pemkot Linggau melalui dinas terkaitnya sudah sekuat tenaga dan sering melakukan pemantauan dan pembersihan beberapa titik selokan atau siring yang diduga tersumbat dan menyebabkan terjadinya genangan air.

”Sudah tak terhitung berapa kali kami bersihkan siring di sepanjang Jalan Yos Sudarso,termasuk daerah yang sering menjadi langganan genangan air.Memang ada yang berhasil, tidak tergenang air lagi setelah dibersihkan, tapi ada juga yang kembali mengalami genangan air,”katanya. (ade satia pratama)



Post Date : 13 Agustus 2009