Listrik Padam Tak Ganggu PDAM

Sumber:Banjarmasin Post - 11 Juni 2005
Kategori:Air Minum
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin menyatakan pada musim kemarau dan juga pemadaman aliran listrik tidak akan mengganggu suplai maupun pendistribusian kepada pelanggan.

"Tidak hanya karena kemarau, saat pemadaman aliran listrik pun, suplai kita ke pelanggan tetap aman. Memang ada penurunan yakni sekitar 15 persen, namun itu tidak masalah," Kata Dirut PDAM Bandarmasin H Zainal Arifin, Jumat (10/6).

Ia mengatakan penurunan tersebut lebih kecil bila dibandingkan tahun lalu yang mencapai 30 persen. Didampingi Dirtek PDAM Bandarmasih Nurul Fajar Desira, Zainal mengungkapkan, langkah antisipasi yang dilakukan berupa pengoperasian genset di Jl S Parman-- untuk wilayah Banjarmasin Utara ,serta penambahan dua pompa baru untuk mempertahankan tekanan air.

"Akhir Juli itu sudah beroperasi. Langkah antisipasi lain, kita tetap rutin berpartisipasi membersihkan gulma di Irigasi Riam Kanan, agar suplai air baku tidak terganggu," terangnya.

Diakui mantan Kabag Humas Pemko Banjarmasin itu, saat ini memang kadar garam air sungai masih di bawah ambang batas 250 miligram per liter (Tri Sakti 234 miligram per liter-Red) yang berarti masih bisa diolah sebagai bahan baku.

Namun beberapa bulan ke depan, kadar garam air diprediksi meningkat. Karenanya Intake Sungai Bilu dengan kapasitas 500 liter per detik, tidak bisa menyuplai air baku ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pramuka dan A Yani.

"Seperti pengalaman tahun lalu, itu tidak masalah. Kita tetap mengandalkan air baku dari Intake Sungai Tabuk dengan kapasitas 900 liter per detik maupun Irigasi Riam Kanan. Kita pun masih mempunyai Intake Emergency di Pematang Panjang sebagai cadangan," kata Zainal.

"Saya yakin dan optimis, distribusi air ke pelanggan pada musim kemarau tahun ini, bisa lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Semua itu tidak terlepas dari dukungan semua pihak, tidak terkecuali pelanggan sendiri," sambungnya.

Terkait kemungkinan kesulitan air bersih bagi 25 persen warga yang belum terlayani aliran PDAM, Zainal menyatakan pihaknya akan menyiagakan mobil tangki untuk melayani kebutuhan mereka.

"Yang namanya pelayanan itu tidak mengenal batas wilayah. Artinya selain warga Kota Banjarmasin, kita pun melayani permintaan warga luar Kota Banjarmasin melalui mobil tangki. Kita menyiapkan sekitar 11 mobil tangki," ucap Zainal lagi. zdn

Post Date : 11 Juni 2005