Lokakarya Pelaksanaan Kegiatan Proyek Community Water Service and Health (CWSH)

Penerbit:Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Departemen Dalam Negeri, ii+84 hal, 2006
Tahun Terbit:Th. 2006
No. Klasifikasi:363.61 DIR l
Kata Kunci:prosiding, CWSH
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding

Dalam upaya meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum dan penyehatan lingkungan serta meningkatkan derajat kesehatan melalui perubahan perilaku hidup bersih dan sehat, Pemerintah Indonesia melakukan kerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) yang tertuang dalam Proyek Community Water Services and Health (CWSH).
  
Proyek ini diharapkan dapat membantu penduduk berpenghasilan rendah di perdesaan dan pinggiran kota, peningkatan kualitas hidup dan derajat kesehatan melalui peningkatan akses terhadap air bersih dan sarana sanitasi serta perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.
  
Persiapan proyek telah dilakukan berupa penyiapan lokasi proyek, persiapan dana pendamping, pembentukan Tim koordinasi Kabupaten dan Propinsi. Daerah yang ikut dalam proyek ini adalah propinsi yang terdiri dari 20 kabupaten. Lokasi proyek terutama ditujukan pada desa cakupan air bersih dan penyehatan lingkungan masih rendah, tingginya angka penyakit yang disebabkan oleh air serta daerah yang rawan air.
  
Pada tahun 2006 merupakan tahun pertama pelaksanaan proyek CWSH, kegiatan yang dilaksanakan antara lain berupa kegiatan sosialisasi pelaksanaan proyek kepada Tim Koordinasi Kabupaten dan Propinsi. Pelaksanaan sosialisasi tersebut ditujukan guna memberikan pemahaman pelaksanaan proyek CWSH di daerah.
  
Tujuan dari Lokakarya Pelaksanaan Kegiatan Proyek Community Water Services and Health (CWSH) ini adalah untuk memperoleh kesamaan persepsi dan pemahaman tentang proyek CWSH yang akan dilaksanakan melalui kunjungan lapangan pada salah satu lokasi proyek yang dikelola oleh masyarakat.
  
Output dari lokakarya ini adalah adanya pemahaman peserta mengenai pelaksanaan proyek CWSH di daerah.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar isi
Pertemuan/Lokakarya Pelaksanaan Kegiatan CWSH
Sambutan Direktur Penyehatan Lingkungan, Ditjen PPPL, Depkes
Pemaparan Direktur Permukiman dan Perumahan, Bappenas
Selayang Pandang Penjelasan Sarana Air Bersih di Desa Cibodas
Gambaran Desa Cibodas
Expose Air Bersih di Desa Cibodas Badan Pengelola Air Bersih dan Sanitasi Pedesaan (BPABS) Desa Cibodas
Gambaran Proyek CWSH kerjasama Pemerintah Indonesia dan Bank Pembangunan  Asia
Pengarahan Direktur SDA dan Teknologi Tepat Guna, Rirjen PMD

 



Post Date : 15 Desember 2006