Lower Cost with Higher Benefit:
Water and Sewerage Service for Low-Income Households

Pengarang:Vivian Fosher - The World Bank
Penerbit:Water and Sanitation Program (WSP)
Kategori:Pengembangan Masyarakat
Referensi:http://www.agualatina.net/pdf-LAC/Financing%20Water/nota_ing.pdf
Laporan kunjungan lapangan ini diperoleh dari pengalaman berharga pada pilot project di EL Alto, Bolivia, dimana proyek tersebut bertujuan untuk mencari cara yang inovatif dalam mengurangi biaya sambungan air bersih dan air limbah untuk masyarakat miskin dan sekaligus memastikan bahwa masyarakat miskin tersebut mendapatkan pelayanan yang maksimal dari air bersih dan air limbah.

Hasil yang diperoleh ternyata sangat memuaskan. Pertama, biaya sambungan air bersih dan limbah dapat diturunkan sebesar 40% yang diperoleh dengan menerapkan desain hubungan kondominial (yang menghubungkan kelompok-kelompok rumah ke penyedia utama, bukan tiap-tiap rumah ke penyedia utama) dan menggunakan sukarelawan dari masyarakat untuk membangun konstruksi.

Kedua, hasil edukasi mengenai higiene menunjukkan terjadinya peningkatan jumlah orang yang membangun kamar mandi. Persentase rumah tangga yang membangun kamar mandi (70%) adalah 2 kalinya dari yang tidak memperoleh pelatihan mengenai higiene (35%). MIkro kredit yang diluncurkan ternyata memiliki dampak yang kecil dalam memotivasi warga untuk membangun kamar mandi dan tidak berhasil sampai ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan, oleh karenanya program ini tidak berlanjut.

Post Date : 17 Februari 2007