Lubang Resapan Biopori: Teknologi tepat guna untuk mengurangi genangan air dan sampah organik serta konservasi air bawah tanah

Penerbit:Jakarta, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi DKI Jakarta
No. Klasifikasi:628.114 BAD l
Kata Kunci:leaflet, lubang resapan biopori, TTG, konservasi air tanah
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Leaflet

Lubang Resapan Biopori (LRB) adalah teknologi tepat guna yang bermanfaat untuk mengurangi genangan air dan sampah organik serta konservasi air bawah tanah. LRB adalah lubang silindris yang dibuat secara vertical ke dalam tanah dengan diameter 10-30 cm, dengan kedalaman tidak melebihi muka air tanah. Lubang ini kemudian diisi dengan sampah organic yang berfungsi untuk menghidupkan mikroorganisme tanah, seperti cacing. Cacing tanah ini akan membentuk pori-pori atau terowongan dalam tanah (biopori) yang dapat mempercepat resapan air ke dalam tanah secara horizontal.
 
Leaflet ini berisi penjelasan mengenai lubang resapan biopori, manfaat dan keunggulannya, lokasi pembuatan yang dianjurkan, jumlah LRB yang  disarankan, biaya yang diperlukan, serta langkah-langkah pembuatan lubang resapan biopori dari mulai persiapan, pelaksanaan, sampai dengan pemeliharaan secara jelas dan gamblang.
 



Post Date : 12 Juni 2008