Manual Pengelolaan Sarana Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat

Penerbit:Jakarta, Ditjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Depdagri, 2007, iii + 48 hal + lamp
Tahun Terbit:Th. 2007
No. Klasifikasi:623.854 DIR m
Kata Kunci:petunjuk, manual, AMPL-BM – sarana, pengelolaan
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Petunjuk

Manual ini disusun dalam rangka memberikan kemudahan dan pedoman bagi masyarakat dan Badan/Lembaga Pengelola Sarana Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna secara efisien, penggunaan efektif dan berkelanjutan.
 
Manual ini memuat hal-hal pokok berkaitan dengan aspek pelayanan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan yang berbasis masyarakat, meliputi: pembentukan lembaga pengelola sarana air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL), kelengkapan sarana organisasi, teknik penentuan harga air, pemeliharaan sarana, pembukuan keuangan dalam lembaga pengelola sarana air minum dan penyehatan lingkungan, teknik perencanaan pengembangan, dan evaluasi, teknik penilaian status lembaga pengelola sarana air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL).

Daftar Isi:

Bab I. Pendahuluan
A. Pengantar
B. Manual Pengelolaan Sarana Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan

Bab II. Lembaga Pengelola Sarana Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan
A. Proses dan Tata Cara Pembentukan
B. Bentuk Organisasi Lembaga Pengelola Sarana Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan
C. Pendanaan Lembaga Pengelola Sarana AB-PL

Bab III. Kelengkapan dan Tata Cara Penyelenggaraan Administrasi Lembaga Pengelola Sarana AB-PL
A. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART)
B. Administrasi Organisasi
C. Administrasi Keuangan

Bab IV. Penentuan Harga Air
A. Pengembalian Modal Pembangunan Sarana
B. Penentuan Besarnya Beban Biaya Pemakaian Konsumen/Pengguna

Bab V. Pemeliharaan Sarana
A. Sarana Perpipaan
B. Sarana Umur
C. Mengontrol Kualitas Air

Bab VI. Perencanaan Kegiatan Lembaga Pengelola Sarana AB-PL (Perencanaan yang Terukur dan Mengarah pada Hasil)
A. Identifikasi Masalah/ Kebutuhan
B. Menyusun Skala Prioritas Masalah
C. Penentuan Gagasan Pemecahan Masalah
D. Penyusunan Rencana Kerja Terukur dan Mengarah pada Hasil
E. Penilaian Hasil Pelaksanaan Rencana Kerja

Lampiran

 



Post Date : 04 Agustus 2009