MCK Plus Akan Dibangun

Sumber:Banjarmasin Post - 16 Maret 2008
Kategori:Sanitasi

BANJARBARU - Untuk merangsang masyarakat supaya menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam aktivitas kesehariannya, Dinkes Banjarbaru merencanakan akan membangun tujuh unit MCK (mandi, cuci, kakus) plus sebagai percontohan untuk warga umum.

MCK plus yang dimaksud yakni bangunan MCK mulai bagian WC, kamar mandi, mencuri pakaian yang dilengkapi dengan peralatan seperti wastepel tempat cuci tangan, berdasarkan standar syarat PHBS.

Untuk realisasinya, Dinkes Kota Banjarbaru memberikan bantuan sebanyak lima unit MCK sedang dua unit MCK lagi berasal dari bantuan dana Dinkes Propinsi Kalsel. Pengelolaan MCK plus ini diserahkan kepada masyarakat. Namun untuk pengawasan tetap di bawah Dinkes.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Banjarbaru, Hj Nurlenny Saleh melalui Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), dr Diah Ratih Haris, lokasi untuk MCK plus itu masih disurvei.

"Yang jelas lokasi dipastikan tidak bermasalah. Artinya, masyarakat mau menyediakan lahan dan lokasi dekat dengan sumber air. Lebih baik lagi jika lokasi mudah dijangkau warga umum,"ucapnya.

Diharapkan dengan adanya MCK plus tersebut, masyarakat terbiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. "Mininal mau mencontoh bagaimana MCK yang sehat itu seperti MCK plus percontohan nanti,"tambahnya. (MTB/sar) 



Post Date : 16 Maret 2008