Membangun Data Berkualitas di Tingkat Kabupaten/ Kota (Paket C MDGs)

Penerbit:Jakarta, Badan Pusat Statistik, 2009, 8 hal
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:307.14 BAD m
Kata Kunci:leaflet, MDGs, tujuan pembangunan milenium, Indonesia, data kabupaten kota - MDGs
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Leaflet

Kebutuhan data dan sistem inforasi pada saat ini merupakan kebutuhan yang tidak terbantahkan, sehingga pengadaan data yang baik dan benar baik sektoral maupun lintas sektor, baik bersumber dari pencatatan kegiatan dari berbagai instansi/sektor sangat diperlukan. Informasi merupakan suatu hal yang harus dimiliki para stakeholder, dari peneliti sampai dengan pembuat kebijakan. Informasi dapat membantu menentukan arah pembangunan pemerintahan maupun strategi usaha. Informasi yang dikemas dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan dapat menentukan keputusan seorang kepala pemerintahan atau penelitian perorangan.
   
Dari hasil uji coba di Propinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, di setiap sektoral masih belum bisa menggambarkan indikator pencapaian MDGs tingkat kabupaten, apalagi kecamatan.
   
Leaflet ini menguraikan tentang cara membangun data berkualitas di tingkat kabupaten/ kota; meliputi bagaimana membangun data berkualitas, tahapan pengumpulan dan penyajian data, memahami penyusunan kuesioner, kegiatan dari pengolahan data, software pengelolaan data seperti, CSPro (The census and Survey Processing System), SPSS (Statistical Package for the Social Science) dan, DevInfo.



Post Date : 14 Desember 2009