Membangun Sarana Air Bersih yang Berkesinambungan: Rekomendasi dari Sebuah Penelitian Global

Pengarang:A. Lambertus (penterjemah)
Penerbit:Jakarta, UNDP - World Bank, Water and Sanitation Program
No. Klasifikasi:363.61 LAM m
Kata Kunci:air bersih
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Pedoman/Panduan

Penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan sarana air bersih dengan pendekatan yang tanggap terhadap kebutuhan akan menjamin kesinambungan sarana air bersih yang dibangun.

Namun ditemukan pula, bahwa proyek yang pada hakekatnya menerapkan pola pendekatan ini, tidak melaksanakannya dengan konsisten pada masyarakat di lokasi binaannya. Agar pola pendekatan ini efektif, penelitian menunjukkan perlunya suatu prosedur penyampaian informasi yang lengkap yang disampaikan hingga ke tingkat keluarga/ warga, pemberdayaan masyarakat perlu dilaksanakan di seluruh tingkatan dan lapisan, dan penanggung jawab program perlu mendapatkan re-orientasi sehingga memungkinkan masyarakat penerima  untuk mengelola sendiri investasi pembangunannya.

Salah satu faktor penting lainnya adalah keberadaan lembaga formal yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan sistem air bersih dan senantiasa memberikan penyuluhan berkala terhadap keluarga/ warga pemakai. Pelatihan pengoperasian dan pemeliharaan (O&P) kepada lembaga pengelola dan mutu konstruksi juga mempunyai korelasi positif terhadap kesinambungan sarana air bersih, walaupun tidak selalu konsisten di satu negara dan negara lainnya.



Post Date : 21 Februari 2004