Membuat Sumur Air di Berbagai Lahan

Pengarang:Hanif Rachrurroja
Penerbit:Depok: Griya Kreasi, 2010; 92 hal + gambar, 23 cm
No. Klasifikasi:628.1 Fak m
Kata Kunci:Sumur Air, Air Tanah, Pompa Air, Pengeboran, Septictank
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Air merupakan kebutuhan pokok yang harus tersedia setiap saat bagi semua mahluk hidup agar dapat tumbuh dan berkembang.  Manusiapun tidak bisa terlepas dari air untuk kehidupannya baik untuk kebutuhan tubuhnya seperti makan, minum maupun untuk kebutuhan lainnya seperti mencuci, mandi dan sebagainya.

Saat ini muncul masalah dimana sumber daya air semakin berkurang dan disisi lain kualitas air semakin menurun akibat perkembangan industri yang dapat merusak sumber daya air ditambah dengan pengelolaan air yang tidak benar menyebabkan masyarakat kesulitan memperoleh air. Beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air diantaranya adalah masyarakat di Lokhsemawe , dan Bandung Timur yang terjadi pada tahun 2008 dan di tahun 2009 Kabupaten Temanggung sedikitnya 41 dusun di 11 kecamatan, dan Kabupaten Tanahlaut (Tala) Kalimantan Selatan.  

Salah satu upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih adalah dengan membuat sumur air diberbagai lahan. Ada beberapa persyaratan teknis yang harus diperhatikan ketika akan membuat sumur air diantaranya adalah perencanaan pembuatan sumur air; memilih letak sumur air yang tidak boleh berdekatan dengan WC, tidak boleh berdekatan dengan septictank, kedalaman lebih dari 15 meter dan diberi tembok; jarak septictank dengan sumur lain; dan konstruksi sumur air. 

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sumur air ini adalah jenis tanah yang dapat mempengaruhi kedalaman permukaan air tanah, sebagai contoh di daerah gurun permukaan air tanahnya dapat mencapai 50 meter atau lebih; wilayah air tanah; pengambilan air; mendeteksi lokasi air tanah; dan mencari sumber air yang benar seperti sumur air di lahan berawa,sumur air di lahan bekas sawah, sumur air dilahan kebun, sumur air di lahan berbatu, dan sumur air di lahan pesisir pantai.



Post Date : 08 Agustus 2012