Minum Air Tiap Hari

Sumber:Koran Tempo - 11 November 2008
Kategori:Air Minum

Banyak minum memang baik untuk kesehatan. Masalahnya, seberapa banyak? Pertanyaan ini bisa jadi masih ada dalam benak banyak orang. Sebuah pertanyaan sederhana dengan jawaban yang kelihatannya tidak mudah. 

Berbagai studi selama ini memang memberikan bermacam rekomendasi. Banyak faktor penentunya, di antaranya adalah kesehatan, seberapa aktif kondisi aktual, dan tempat tinggal. Mereka yang tinggal di daerah gurun tentu membutuhkan minum jauh lebih banyak.

Air, tak disangkal lagi, adalah komponen kimia penting dalam tubuh. Ia menyusun rata-rata 60-70 persen bobot tubuh sehingga setiap sistem yang bekerja di sana bergantung padanya. Sebut saja proses pembuangan racun-racun lewat organ vital, pengangkutan nutrisi ke seluruh sel, serta penyediaan lingkungan lembap di jaringan telinga, hidung, dan kerongkongan.

Darah juga kebanyakan terdiri dari air. Begitu pula otot, paru-paru, dan otak, semuanya mengandung banyak air. Zat yang satu ini juga dibutuhkan untuk mengatur suhu dalam tubuh serta melindungi organ dan persendian.

Setiap hari kita kehilangan air lewat pernapasan, keringat, urine, dan aktivitas buang air besar. Pembuangan lewat saluran urine saja bisa mencapai 1,5 liter setiap hari untuk orang dewasa. Tiga aktivitas lainnya bisa menyumbang hampir seliter lagi.

Agar tidak mengganggu fungsi sistem-sistem dalam tubuh, apalagi sampai dehidrasi, kehilangan air itu harus "dibayar" lunas. Sebuah rumus yang biasa digunakan untuk mencari tahu kebutuhan air harian adalah separuh dari bobot tubuh dalam pon (yang kemudian ditetapkan dalam ons). Misalnya, bobot tubuh 120 pon, maka kebutuhannya adalah 60 ons. Ini jumlah minimal.

Tapi, pencernaan makanan biasanya sudah memenuhi 20 persen dari total kebutuhan cairan dalam tubuh. Jadi, jika Anda meminum dua liter air putih atau jenis minuman lain setiap hari, seharusnya itu sudah cukup. Total, biasanya pria disarankan minum sampai tiga liter air setiap hari (sekitar 13 cangkir), sedangkan wanita sekitar sembilan cangkir. wuragil/berbagai sumber



Post Date : 11 November 2008