Mutu Air PDAM Kembali Disoal

Sumber:Banjarmasin Post - 21 Mei 2005
Kategori:Air Minum
Mutu air PDAM Barito Kuala, kembali dipertanyakan warga. Pasalnya, kualitas yang sampai ke masyarakat tak seperti harapan mereka. Sehingga sebagian masyarakat untuk konsumsi air minum membeli dari Banjarmasin.

"Kalau musim hujan airnya terasa sepat, tapi kalau musim kemarau justru asin," papar M Komaruddin dihadapan bupati H Eddy Sukarma saat dialog di Masjid Ash Shabirin Kompleks Griya Permata, Kelurahan Handil Bhakti, Jumat (20/5).

Info didapat BPost, berbedanya rasa air PDAM Batola ini telah dirasakan warga selama bertahun-tahun. Sehingga kebanyakan warga menggunakan air PDAM itu hanya untuk mandi dan mencuci.

Selain minta agar air kualitas air PDAM baik, warga juga berharap pemkab mendirikan puskesmas di wilayah mereka. Menurutnya di kelurahan Handil Bhakti tak memilikinya, padahal keberadaannya sangat diperlukan oleh masyarakat setempat.

Pada dialog kali ini, perwakilan warga, Haitami, juga berharap Jalan Komplek Griya Permata diperbaiki atau diaspal. "Seperti bapak serta muspida rasakan goncangan, saat masuk ke kompleks ini. Ini karena jalannya rusak parah," paparnya.

Direktur PDAM Marabahan Nazhirni SE menuturkan, air yang mereka hasilkan masih layak dikonsumsi. Rasa air sepat serta masam yang keluar, karena bahan baku pada musim tertentu.

Ia juga menerangkan, perhatian pemkab terhadap Kecamatan Alalak untuk air bersih sangat besar. "Kita telah meningkatkan debit air untuk wilayah ini dari tahun ke tahun," ungkapnya.

Pada 2002 debit air baru mencapai 10 liter per detik. Di 2003 mencapai 15 liter per detik, dan rencananya pada 2006 bisa ditingkatkan menjadi 35 liter air per detik.

Nazhirni juga membantah bahwa biaya per kubik air di Batola sama dengan Banjarmasin. "Tarif kita hanya Rp600 sedangkan Banjarmasin sudah Rp2.600 per kubik," ungkap Nazhirmi.

Sedangkan keinginan pengaspalan jalan oleh warga ditanggapi positif Pemkab Batola. Kadis PU Ir Kurjait Noor MSi mengakui, sejak berdirinya komplek ini memang belum ada pengaspalan.

Untuk pendirian puskesmas sendiri, Kadinkes H Aus Al Anhar SKM mengatakan masih menginventarisirnya. dwi

Post Date : 21 Mei 2005