Overview Redesign dan Operation TPA Leuwigajah dari Open Dumping menuju Sanitary Landfill

Pengarang:Muhammad Juanda
Penerbit:Bandung, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), 2009
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:363.728 JUA o
Kata Kunci:paper, Landfill, pengolahan sampah, seminar pengelolaan limbah padat – teknologi, TL ITB
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Pedoman/Panduan

Landfilling di beberapa kota di Indonesia mempunyai masalah serupa yaitu open dumping. Namun landfilling masih merupakan metode paling efektif dalam pembuangan sampah jika saja adanya ketersediaan tempat. Pengoperasian dari landfilling serta perawatan akan menjadi hal utama dari sistem pengelolaan sampah mendatang. Open dumping merupakan masalah serius untuk kesehatan masyarakat dan lingkungan dikarenakan pelepasan material berbahaya seperti leachate, toxic gas, bau, asap dari terbakarnya sampah, vector penyakit, sebaran sampah, dan gas rumah kaca. Pembiayaan terhubung dengan konstruksi landfill dan pengoperasian di negara berkembang, serta tidak tentunya kontrol timbulan gas dan leachate pasca penutupan landfill membutuhkan uang dalam jumlah banyak dan tenaga ahli.
  
Pembuangan akhir sampah pada sanitary landfill diberikan prioritas terendah pada sebuah pendekatan waste management. Fasilitas sanitary landfill didesign spesial untuk pembuangan akhir sampah. Sanitary landfill mempunyai sistem kontrol polusi lain, diantara sistem tersebut adalah pengumpul dan pengolahan leachate, dan sistem ventilasi ataupun pembakaran gas methan. Sangatlah mungkin untuk memproduksi listrik dengan membakar timbulan gas methan dari landfill.
  
Penelitian ini bertujuan meng-overview redesign dan operation TPA Leuwigajah dari open dumping menuju sanitary landfill.

Resume dari paper ini terdapat di ”Resume Seminar Tugas Akhir Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, ITB, 18 Agustus 2009“



Post Date : 21 Agustus 2009