Panduan Layanan Sambungan Komunal (seri Water for the poor toolkit)

Pengarang:Rudy Yuwono, dkk (Qipra Galang Kualita)
Penerbit:Jakarta, ESP (Environmental Services Program), 2010, vi + 103 hal
Tahun Terbit:Th. 2010
No. Klasifikasi:628.15 YUW p
Kata Kunci:petunjuk, water for the poor toolkit, air – penyediaan, sambungan air minum - komunal, pipa saluran air
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113, Perpustakaan ESP
Kategori:Petunjuk

Panduan atau toolkit ini merupakan salah satu seri panduan Water-for-the-Poor-Toolkit yang diterbitkan untuk mendukung pengembangan dan pelaksanaan perangkat-perangkat Water-for-the-Poor. Di dalam panduan ini, pembaca dapat memperoleh penjelasan mengenai pola Layanan Sambungan Komunal (LSK) yang merupakan salah satu dari tiga perangkat Water-foor-the-Poor. Perangkat lainnya adalah Kredit Mikro Sambungan Air (KMSA) dan Output-Based Aid Sambungan Air Minum (OBA-SAM).
   
Panduan Layanan Sambungan Komunal, seterusnya akan disebut Panduan LSK, terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu bagian Penjelasan dan bagian Kumpulan Contoh. Bagian penjelasan berisi berbagai informasi umum dan mendasar tentang LSK, seperti pola layanan, komponen teknis, pihak-pihak terkait, dan tahapan pengembangan. Bagian kumpulan Contoh berisi berbagai contoh materi training, regulasi, proses, perjanjian kerja sama, dan rencana teknis yang dapat dijadikan bahan acuan bagi pihak-pihak yang ingin mengembangkan dan mengelola OBA-SAM.
   
Selain untuk PDAM dan Fasilitator, Panduan LSK juga diharapkan dapat dibaca oleh pihak Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, atau Lembaga Donor. Mereka nantinya diharapkan dapat mendukung pengembangan LSK sesuai lingkup kerjanya masing-masing. Perlu dipahami bahwa panduan ini tidak cukup untuk menguraikan seluruh informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan dan pelaksanaan LSK. Walau demikian, isi panduan ini setidaknya sudah dapat untuk dijadikan referensi awal bagi pihak berkepentingan untuk memulai mempertimbangkan pengembangan LSK.
   
Panduan LSK ini merupakan penyempurnaan dari paket penjelasan yang sudah dikembangkan sebelumnya di tahun 2008. Selain isinya diperingkas, paket baru ini memuat contoh-contoh mutakhir dari pelaksanaan program LSK di Indonesia. Dimensi panduan juga dirubah agar lebih bersahabat dengan pembacanya.

Daftar Isi:

BAGIAN PENJELASAN
Layanan Sambungan Komunal
Pihak Terkait Layanan Sambungan Komunal
Tahapan Layanan Sambungan Komunal
Air Mengalir Berkat Usaha Bersama

BAGIAN KUMPULAN CONTOH
Regulasi
Proses
Perjanjian Kerja Sama
Rencana Teknis
Materi Training



Post Date : 10 Maret 2010