Panduan MPA (Methodology for Participatory Assessment): Panduan Lapangan Proses, alat dan Pengkodean

Penerbit:Jakarta, Ditjen PMD, Departemen Dalam Negeri, 2005, 137 halaman
Tahun Terbit:2005
No. Klasifikasi:331. 011 2 DIR p
Kata Kunci:panduan lapangan, MPA (Methodology for Participatory Assessment)
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Petunjuk
Pembangunan kesehatan merupakan salah satu upaya pembangunan nasional yang diarahkan guna tercapainya kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal, serta dapat menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan.

Field book ini berisi gambaran langkah demi langkah tentang bagaimana menggunakan tools dan lembar kode yang sama-sama bentuk dari Methodology for Participatoty Assessment (MPA).
MPA sendiri, dan tools serta lembar kode dalam field book ini aslinya dikebangkan oleh water and sanitation progarm (WSP) dan IRC (international water and sanitation centre) untuk melaksanakan suatu studi global dari 88 komunitas yang mengelola pelayanan sarana air bersih dan sanitasi di 15 negara, buku ini diuntungkan oleh pengalaman yang diperoleh melalui penggunaan MPA salam studi global, dan dari suatu workshop yang kemudian dilakukan di Jakarta dan Yogyakarta. Indonesia, pada September 2000, selama MPA di uji untuk penggunaan sebagai suatu tool monitoring evaluasi dan perencanaan bagi masyarakat yang mengelola sarana air bersih.

Dokumen ini ditulis untuk tim masyarakat dan proyek yang menggunakan MPA dan untuk pelatih dari organisasi pendukung yang melatih tentang metodologi dan memberikan pelayanan bantuan selama pelaksanaan awal proyek.



Post Date : 19 September 2006