Panduan OBA (Output-Based Aid) Sambungan Air Minum (seri Water for the poor toolkit)

Pengarang:Rudy Yuwono, dkk (Qipra Galang Kualita)
Penerbit:Jakarta, ESP (Environmental Services Program), 2010, vi + 55 hal
Tahun Terbit:Th. 2010
No. Klasifikasi:628.15 YUW p
Kata Kunci:petunjuk, water for the poor toolkit, air – penyediaan, sambungan air minum, pipa saluran air
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113, Perpustakaan ESP
Kategori:Petunjuk

Panduan atau toolkit ini merupakan salah satu seri panduan Water-for-the-Poor-Toolkit yang diterbitkan untuk mendukung pengembangan dan pelaksanaan perangkat-perangkat Water-for-the-Poor. Di dalam panduan ini, pembaca dapat memperoleh penjelasan mengenai Out-put-Based Aid Sambungan Air Minum (OBA-SAM) yang merupakan salah satu dari tiga perangkat Water-foor-the-Poor. Perangkat lainnya adalah Kredit Mikro Sambungan Air (KMSA) dan Layanan Sambungan Komunal (LSK).
   
Panduan Out-put-Based Aid (OBA) Sambungan Air Minum, seterusnya akan disebut Panduan OBA-SAM, terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu bagian Penjelasan dan bagian Kumpulan Contoh. Bagian penjelasan berisi berbagai informasi umum dan mendasar tentang OBA-SAM, seperti pola layanan, manfaat, pihak-pihak terkait, dan tahapan pengembnagan. Bagian kumpulan Contoh berisi berbagai contoh dokumen seperti surat permohonan dana bantuan, lembar verifikasi dan perjanjian kerja sama yang dapat dijadikan bahan acuan bagi pihak-pihak yang ingin mengembangkan dan mengelola OBA-SAM.
   
Selain untuk PDAM dan organisasi masyarakat, Panduan OBA-SAM juga diharapkan dapat dibaca oleh pihak Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, atau Lembaga Donor. Mereka diharapkan dapat mendukung pengembangan OBA-SAM sesuai lingkup kerjanya masing-masing. Perlu dipahami bahwa panduan ini tidak cukup untuk menguraikan seluruh informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan dan pelaksanaan OBA-SAM. Walau demikian, isi panduan ini setidaknya sudah dapat untuk dijadikan referensi awal bagi pihak berkepentingan untuk memulai mempertimbangkan pengembangan OBA-SAM.

Daftar Isi:

BAGIAN PENJELASAN
OBA Sambungan Air Minum
Pihak Terkait OBA Sambungan Air Minum
Tahapan OBA Sambungan Air Minum
Bermitra Membantu MBR

BAGIAN KUMPULAN CONTOH
Proses
Perjanjian Kerja Sama



Post Date : 10 Maret 2010