Panduan Praktis Pelatihan Fasilitator: Catatan Ringkas dari Rangkaian Pelatihan PKPM(2004-2006)

Pengarang:Yohannes Ghewa, dkk (Team PKPM)
Penerbit:Jakarta, Sekretariat PKPM - Bappenas - JICA, Desember 2006, xi+153 hal
Tahun Terbit:Th. 2006
No. Klasifikasi:371.30281 GHE p
Kata Kunci:buku kerja, panduan, pelatihan fasilitator, PKPM, pengembangan kapasitas, pemberdayaan masyarakat
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Direktorat Permukiman dan Perumahan, Bappenas
Kategori:Petunjuk

Buku kerja ini merupakan suatu ringkasan dari serangkaian Pelatihan dalam Negeri (In Country Training) yang dilakukan oleh Proyek PKPM, dengan fasilitator adalah Mr. Wada Nobuaki (SOMNEED India), yang ditugaskan sebagai tenaga ahli jangka pendek JICA untuk proyek PKPM. Sebagaimana yang menjadi tujuan proyek yaitu pengembangan kapasitas untuk para pelaku yang bekerja dalam bidang pemberdayaan masyarakat, maka serangkaian Pelatihan dalam negeri (di Indonesia) telah dirancang bagi para fasilitator. Mereka berasal dari pemerintah daerah dan organisasi non-pemerintah (LSM).

Pelatihan diadakan selama 5 tahap sesuai dengan tahapan mikro pemberdayaan masyarakat: (1) Pengembangan Kemitraan, (2) Analisa Isu Berbasis Masyarakat (Community Based Issue Analysis - CBIA), (3) Rencana Aksi, (4) Implementasi-Monitoring, dan (5) Evaluasi dan Umpan Balik. Sejak pelatihan CBIA-tahap 2, setiap tahap dibagi ke dalam 2 bagian, sehingga telah dilaksanakan 9 kali pelatihan secara keseluruhan. Buku kerja ini mencakup 8 dari 9 pelatihan (hingga evaluasi dan umpan balik bagian I).

Buku ini terdiri dari 8 bab utama. Setiap bab membahas pelatihan yang dilakukan dengan judul yang sama. Pada halaman depan setiap bab, tujuan-tujuan secara umum, beberapa saran, langkah-langkah dan latar belakang yang dikemukakan, yang telah ditulis ulang berdasarkan berbagai rekaman proses pelatihan. Di halaman utama, anda akan menemukan pertanyaan-pertanyaan diskusi (latihan/ exercise) yang dikembangkan dalam latihan oleh Mr. Wada dan diikuti oleh tahapan-tahapan pembahasan setiap topik dan juga tips yang diambil berdasarkan pengalaman dan berkembang dalam pelatihan. Kotak 'Apa Kata GURU' merujuk pada cuplikan-cuplikan pernyataan dan hal-hal dasar dari apa yang Mr. Wada jelaskan dalam pelatihan pada berbagai topik yang berkaitan dengan isi buku ini.

Daftar Isi:

Kata Pengantar

Tentang Buku Kerja Ini

Daftar Isi

Bab I: Membangun Kemitraan

Bab II. Analisis Issue Berbasis Masyarakat

Bab III. Rencana Aksi

Bab IV. Implementasi & Monitoring

Bab V. Evaluasi dan Feedback



Post Date : 15 Desember 2006