Pasokan Air Irigasi Colo Mulai Berkurang

Sumber:Suara Merdeka - 09 Juni 2005
Kategori:Drainase
KUDUS - Tiga sungai yang melintasi Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus yakni Sungai Toyakembang, Seluman, dan Kali Pandak yang digunakan sebagai pemasok aliran irigasi untuk desa itu dan sekitarnya, belakangan ini mulai berkurang. Hal itu disebabkan oleh datangnya musim kemarau dan adanya kerusakan hutan di kawasan Gunung Muria.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Kepala Desa Colo, Kecamatan Dawe, Abdul Haris, Rabu (8/6) kemarin. Lebih lanjut ia menambahkan, meski belum menunjukkan tanda-tanda akan mengering, namun setidaknya dalam lima tahun terakhir tingkat berkurangnya pasokan air dari sumber mata air ke sungai tersebut cukup dirasakan warga.

Puncak kesulitan air yang digunakan untuk irigasi, kata dia, biasanya terjadi pada bulan Juli - September. Pada saat itu sungai-sungai hanya memiliki sedikit air, bahkan tidak ada sama sekali.

Biasanya, ujar Haris, ketika terjadi krisis air untuk pasokan sawah, akan diberlakukan penggiliran jatah air dari sejumlah sungai yang masih ada airnya ke semua sawah warga. "Namun untuk air minum, warga kami tidak pernah mengalami kekurangan," tandasnya.

Berkurang

Meski demikian, ia menegaskan sejumlah mata air di kawasan Gunung Muria -yang menjadi pemasok air bagi warga cenderung selalu berkurang kapasitasnya dari tahun ke tahun. Pada sektor pertanian, berkurangnya pasokan air untuk irigasi tersebut disiasati warga dengan menanam tanaman seperti tebu atau kentang.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Colo Peduli Muria, Mohammad Sohib Garno Sunarno menyatakan penyebab berkurangnya pasokan air untuk irigasi selain datangnya musim kemarau, yakni masih terdapatnya sejumlah kawasan hutan yang rusak.

Adapun jumlah mata air tersebut antara lain berada di blok Gunturan Ombo (25 mata air), Rejenu (12 mata air), dan Ngrincang dengan 25 mata air. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi hal itu, kata dia, yakni dengan mulai merealisasikan program pembenahan dan penghijauan hutan-hutan yang rusak. (H8-44d)

Post Date : 09 Juni 2005