PD Kebersihan Ditawari Beberapa Lokasi TPA

Sumber:Kompas 05 April 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Bandung, Kompas - Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung mendapat tawaran untuk menggunakan beberapa lokasi tempat pembuangan akhir sampah. Meski demikian, penggunaan lokasi itu masih memerlukan kajian, sekaligus analisis mengenai dampak lingkungan.

Demikian dikemukakan Kepala Bagian Hukum dan Hubungan Masyarakat Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung Sefrianus Yosep di Bandung, Senin (4/4).

Beberapa lokasi yang ditawarkan di antaranya di kawasan Nagreg, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Selain itu, juga di kawasan Citatah, Soreang, Banjaran, yang juga terdapat di Kabupaten Bandung.

Sekarang PD Kebersihan Kota Bandung menggunakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Jelekong untuk penampungan dan pengolahan sampah dari Kota Bandung. Sampah yang diangkut ke TPA Jelekong mencapai 200 rit atau sekitar 2.000 meter kubik sampah per hari.

Sementara itu, TPA Pasir Impun dan TPA Cicabe yang direncanakan menjadi TPA sementara masih belum dapat digunakan karena persiapan sarana jalan belum selesai.

Yosep menambahkan, pengambilan sampah diprioritaskan pada sejumlah tempat pembuangan sampah yang menumpuk. "Pengambilan sampah di TPS dilakukan dengan mengeruk sebagian sampah, yang penting sampah tidak mencolok dan menghambat jalan," katanya. (lkt)



Post Date : 05 April 2005