Pedalaman Rentan Diare

Sumber:Banjarmasin Post - 24 Juli 2006
Kategori:Sanitasi
Sampit, BPost Masyarakat di pedalaman Kotawaringin Timur (Kotim) diingatkan mewaspadai wabah diare. Pasalnya penyakit yang sangat dipengaruhi oleh faktor kebersihan ini sering muncul saat kemarau.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim, Suryo Supraptono, mengatakan, warga pedalaman rentan diare, mengingat kawasan tersebut belum tersentuh sarana air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Sementara air sungai keruh saat kemarau.

"Seperti warga di Kuayan dan Antang Kalau itu, kemarau mereka makin sulit mendapatkan air bersih. Sementara air sungai yang biasa dipakai untuk keperluan sehari-hari termasuk untuk memasak keruh dan dangkal," katanya.

Untuk itu, Dinkes meminta petugas di puskesmas selaku ujung tombak mengantisipasi masalah tersebut. Setiap puskesmas telah dipasok persediaan cairan infus dan oralit untuk penanganan pasien diare.

Tidak hanya di pedalaman, kata Suryo, diare juga sering menyerang warga yang tinggal di dalam kota. Hal itu di antaranya disebabkan oleh pola hidup serta lingkungan yang kurang bersih dan kumuh.

"Mohon maaf, diare juga sering menyerang masyarakat di kawasan permukiman padat dan kumuh seperti beberapa titik di Kecamatan Ketapang. Makanya kami terus mengingatkan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan makanan," imbuhnya.

Direktur RSUD dr Murjani Sampit Yuendri Irawanto, mengatakan, saat ini belum terjadi lonjakan penderita diare. Meski demikian warga tetap diminta waspada agar penyakit itu tidak mewabah. mgb

Post Date : 24 Juli 2006