Pedoman Pelatihan Pembina dan Pelaksana UKS Di TK dan RA

Pengarang:dr. Widaninggar W., M. Ed (Editor)
Penerbit:Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, 2009, iii + 129 hal
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:613 WID p
Kata Kunci:petunjuk, health & hygiene, education guideline, promosi kesehatan, UKS, TK
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Kategori:Petunjuk

Dalam upaya pembinaan dan peningkatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) maka Tim Pembina UKS Pusat sesuai dengan tugas dan fungsinya adalah merumuskan kebijakan dan menyusun pedoman umum maupun standarisasi Pembinaan dan Pengembangan UKS, serta sekaligus menyosialisasikannya.
           
Sehubungan dengan hal tersebut, maka Tim Pembina UKS Pusat telah menyusun pedoman umum bagi pelaksana UKS pada setiap jenjang dan jenis pendidikan, yaitu berupa ”Pedoman Pelatihan Pembinaan dan Pelaksana UKS di Taman Kanak-Kanak dan Rhaudatul Athfal“. Sasaran pelatihan adalah Tim Pembina UKS/ anggota sekretariat TP UKS dan Tim Pelaksana UKS di TK dan RA.
           
Pedoman ini berisikan tentang bagaimana sebaiknya menyelenggarakan pelatihan; struktur program dan materi pelatihan yang berisikan; kebijakan dan manajemen pembina dan pengeloa UKS; tiga program pokok UKS, serta bagaimana menyusun rencana kerja dan kegiatan.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Tim Penyusun Pedoman Pembinaan dan Pengelolaan UKS Di SD/ MI dan yang Sederajat
Daftar Isi

Bab I. Pendahuluan
A.    Latar Belakang
B.    Permasalahan Mendasar dalam Pembinaan dan Pengembangan UKS
C.    Tujuan UKS
D.    Pengertian UKS
E.    Sasaran UKS
F.    Ruang Lingkup Pembinaan UKS
G.    Dasar Hukum

Bab II. Penyelenggaraan Pelatihan
A.    Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Penyelenggaraan Pelatihan
B.    Peserta Pelatihan
C.    Fasilitator
D.    Lamanya Pelatihan
E.    Peralatan Pelatihan
F.    Panitia Penyelenggara
G.    Peserta Fasilitator
H.    Persiapan Penyelenggaraan Pelatihan
I.    Monitoring dan Evaluasi
J.    Pelaporan

Bab III. Materi dan Teknis Penyempaian Materi Pelatihan
A.    Materi Pelatihan
B.    Struktur Program Pelatihan Pembinaan dan Pengelolaan UKS dan TK sampai dengan SMA
C.    Cara Penyampaian Materi Pelatihan
D.    Evaluasi

Bab IV. Cara Menggunakan Modul Pelatihan
Modul 1: Dinamika Kelompok
Modul 2: Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan UKS
Modul 3: Manajemen Pembinaan dan Pengembangan UKS
Modul 4: Pendidikan Kesehatan
Modul 5: Pelayanan Kesehatan
Modul 6: Lingkungan Sekolah Sehat
Modul 7: Rencana Kerja Kegiatan
Modul 8: Supervisi, Pelaporan, Evaluasi dan Monitoring

Daftar Pustaka

Lampiran: Strata Pelaksanaan UKS di TK



Post Date : 12 April 2010