Pedoman Umum Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga

Penerbit:Jakarta, Direktorat Penyehatan Lingkungan, Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, iii + 30 hal
No. Klasifikasi:363.61 DIR p
Kata Kunci:pedoman umum, pengelolaan air minum - skala rumah tangga
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Petunjuk

 Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga (PAM RT) adalah metode pengolahan dan penyimpanan yang dapat memperbaiki dan menjaga kualitas (secara mikrobilogis) air minum dan air yang digunakan untuk produksi makanan dan keperluan oral lainnya, seperti berkumur, sikat gigi, persiapan makanan/minuman bayi.
 
Pedoman ini membahas tata laksana PAM RT yang mencakup; penilaian awal, perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi dari program. Pedoman ini tidak dimaksudkan menjadi pedoman yang komprehensif, yang menjelaskan langkah demi langkah pelaksanaan suatu program PAM RT, namun lebih kepada suatu pengenalan awal mengenai apakah PAM RT itu, bagaimana memulainya serta pedoman-pedoman dasar dalam pelaksanaannya.
 
Sasaran dari pedoman PAM RT ini adalah institusi kesehatan, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, lembaga donor, pihak swasta dan pihak lain yang tertarik dan bergerak di bidang kesehatan masyarakat khususnya pengelolaan air minum dan air yang digunakan untuk produksi bahan makanan.

Daftar Isi:

Kata Pengantar

Tim Penyusun

Daftar Isi

Bab I. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Dasar Hukum
1.3 Acuan Hukum
1.4 Definisi Operasional
1.5 Ruang Lingkup
1.6 Tujuan
1.7 Sasaran
1.8 Prinsip-Prinsip Dasar PAM RT

Bab II. Tata Laksana
2.1 Penilaian Awal
2.2 Perencanaan
2.3 Pelaksanaan
2.4 Monitoring dan Evaluasi

Bab III. Penutup
 



Post Date : 27 Agustus 2009