Pedoman Umum Program Air Bersih dan Sanitasi Pedesaan Propinsi Nusa Tenggara Timur

Penerbit:Jakarta, Depkes. RI. Tahun 2004, 40 hal + lamp
Tahun Terbit:2005
No. Klasifikasi:363. 61 DEP p
Kata Kunci:Pedoman, air bersih, sanitasi, perdesaan, ProAir, NTT
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Petunjuk

Kebutuhan air minum merupakan kebutuhan yang sangat esensial bagi kehidupan manusia. Kebutuhan air minum akan sangat diperlukan khususnya bagi daerah-daerah yang kekurangan sumber daya air minum, seperti halnya beberapa daerah di Propinsi Nusa Tenggara Timur. Selain kondisi daerah yang sulit air, pengetahuan penduduk tentang hygiene yang masih kurang, serta sebagaian besar penduduk masih tinggal di tempat yang belum memenuhi standar lingkungan yang sehat. Hal ini menyebabkan penduduk NTT berada dalam kondisi yang rentan terhadap penyakit yang ditularkan melalui air. Memperhatikan hal tersebut diatas, Th. 1998 dalam pertemuan konsultasi antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jerman telah disepakati untuk bekerjasama dalam pembangunan di bidang air minum dan sanitasi di Propinsi NTT.

Pedoman umum ini merupakan acuan dalam pelaksanaan program ProAir, yang berisi kerangka umum yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan daerah dan kebutuhan di lapangan.

Pedoman umum ini dibuat untuk memberikan kerangka pelaksanaan dan penjelasan kepada semua pihak yang terlibat dalam Program Penyediaan Air Minum dan sanitasi bantuan Jerman di Propinsi NTT (ProAir) agar memahami prosedur pelaksanaan program ini.
 



Post Date : 22 September 2006