Pembuangan Sampah Liar Akan Ditutup Paksa

Sumber:Koran Tempo - 21 Desember 2006
Kategori:Sampah Jakarta
TANGERANG -- Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Tangerang akan menutup paksa tempat pembuangan sampah liar di Cisauk, Tangerang. Sebab, tempat pembuangan sampah itu beroperasi tanpa izin dan berada di lokasi padat permukiman.

"Kami telah membuat surat ke Bupati agar memerintah langsung Satuan Polisi Pamong Praja menutup langsung TPA (tempat pembuangan sampah akhir) itu," ujar Trimanto Paikar, Kepala Bidang Penanganan Sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Tangerang, kemarin.

Menurut dia, surat itu telah dikirimkan sejak sepekan lalu. Isinya permintaan agar Bupati menangani dengan serius soal beroperasinya kembali TPA liar di Cisauk. Keberadaan tempat pembuangan sampah tersebut, kata dia, sangat merugikan masyarakat sekitar. Salah satunya bau sampah mengotori udara dan air di wilayah itu.

Dia mengaku kewalahan menangani tempat pembuangan sampah liar yang berlokasi di Jalan raya Puspiptek, Desa Babakan, Kecamatan Cisauk, itu. Menurut Trimanto, pihaknya sudah melakukan peringatan berulang kali, bahkan menutup tempat pembuangan sampah seluas 3,5 hektare itu, tahun lalu. "Tapi tetap membandel. Sekarang semuanya akan kami serahkan kepada Bupati untuk menutupnya langsung," katanya.

Seperti diberitakan Temposebelumnya, tempat pembuangan sampah liar itu masih beroperasi. Tumpukan sampah membubung sampai 10 meter. Bau busuk menyebar ke mana-mana. Air sumur warga pun banyak yang tercemar. "Air sumur menjadi keruh dan bau," ujar Sunajat, warga setempat.

Budi Yudian, tokoh pemuda setempat, mengatakan beberapa kali warga yang tidak setuju dengan keberadaan tempat pembuangan sampah itu melakukan aksi. Namun, warga menyerah karena diancam oleh sekelompok orang. "Mau bagaimana lagi, setiap warga demo diancam," kata pengurus karang taruna setempat ini. Para pemuda bersama warga yang protes, menurut Budi, telah melaporkan hal ini kepada aparat setempat, mulai kepala desa, camat, hingga kepala kepolisian sektor. "Tapi nggakmempan juga," ujarnya pasrah. JONIANSYAH



Post Date : 21 Desember 2006