Pemkot Depok Belum Maksimal Atasi Sampah

Sumber:Jurnal Nasional - 29 Maret 2010
Kategori:Sampah Jakarta

UPAYA Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menangani masalah persampahan patut dihargai dan acungkan jempol. Pembangunan Unit Pengelolaan Sampah (UPS) yang dilakukan Pemkot Depok merupakan salah satu solusi mengatasi menggunungnya sampah. “Walaupun upaya penanganan masalah persampahan belum maksimal, namun upaya pemkot membangun beberapa UPS patut dihargai,” kata bakal calon Wali Kota Depok, Badrul Kamal (BK), Minggu (29/3).

Badrul mengingatkan permasalahan sampah bukan hanya terjadi di Kota Depok, melainkan terjadi di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Namun, kata dia, hal tersebut tidak dapat dijadikan alasan. Pasalnya, tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung, yang selama ini menjadi andalan Kota Depok, dalam kurun waktu tidak lama lagi tak dapat digunakan.

“Kurun waktu yang sempit memaksa kita memiliki solusi-solusi cerdas dalam mengatasi persampahan. Sebetulnya dengan bantuan masyarakat masalah sampah dapat teratasi dengan mudah,” katanya.

Mantan Wali Kota Depok itu mengatakan, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah organik dan non-organik, dan mau saling mengingatkan satu sama lain dapat membantu Pemkot Depok mengatasi masalah sampah. “Depok ini bukan milik segelintir orang atau sekelompok orang. Depok milik bersama yang artinya dijaga secara bersama-sama. Saling mengingatkan, menjaga, dan mematuhi segala jenis aturan menjadikan Depok kota yang indah,” kata Badrul.

Badrul menambahkan, mengapa dirinya menghargai upaya Pemkot Depok dalam mengatasi masalah sampah dengan mendirikan UPS. Hal itu, kata dia, karena pembanguan UPS merupakan sebuah upaya. Hanya saja, kata Badrul, untuk membuat sebuah sistem penentasan sampah dibutuhkan perencanaan matang. Ingat sebuah sistem terdiri dari input dan output.

“Selama ini UPS sudah dapat mengubah sampah dari bentuk gelondongan menjadi cacahan. Belum sampai pada pengubahan sampah menjadi pupuk organik, serta bagaimana memasarkan pupuk tersebut,” kata dia. Menurutnya, pupuk hasil olahan UPS harus dapat dimanfaatkan petani di Kota Depok.

Mengatasi masalah sampah tidak seperti membalikan telapak tangan. Kendati, Pemkot Depok memasang puluhan sepanduk di seluruh Kota Depok untuk mengajak masyarakat bersama-sama meraih Piala Adipura. Namun, dari pantauan Jurnal Nasional, ajakan tersebut bak gayung tak bersambut. Masih banyak masyarakat membuang sampah sembarangan.
Gunungan sampah masih terlihat dekat Stasiun Citayam, Jalan Merdeka, di bawah flyover Arif Rahman Hakim, dan sebagainya. Aji (34), pedagang di tempat itu mengatakan, warga biasa membuang sampah dekat pintu air di kawasan ini. “Kalau kita tidak boleh buang sampah di sini, lalu dimana lagi kita bisa buang sampah,” katanya.



Post Date : 29 Maret 2010