Pemkot Masih Cari Lahan Baru TPA

Sumber:Bangka Pos - 27 Februari 2006
Kategori:Sampah Luar Jakarta
PANGKALPINANG Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Parit Enam Pangkalpinang masih dapat dipergunakan sampai tahun 2008. Sedangkan untuk lahan baru TPA sampah, Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota masih akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupten di sekitar Pangkalpinang.Kita akan tetap berupaya untuk mengganti lahan TPA, dan lahan yang dibutuhkan 5 - 10 hektar, dan jarak dari Kota sepuluh hingga lima kilometer. Sementara TPA di Parit Enam masih bisa digunakan, demikian dikemukakan Kepala Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota Pangkalpinang HM Rival, ketika ditemui Bangka Pos Group, Sabtu (25/2) di Kodim 0413 Bangka di Pangkalpinang.

Dijelaskan Rival untuk lahan baru TPA diusahakan jauh dari daerah permukiman penduduk dan tidak merugikan masyarakat sekitarnya. Kita upayakan tempat permukiman tidak terhindar dari pencemaran maupun polusi udara, ujar Rival.

Apabila di TPA Parit Enam terlalu dekat dengan pemukiman penduduk, dan terasa karena kondisinya tidak ada alat beratnya untuk menggusur sampah yang menggunung.

Namun kata Rival, tahun 2005 alat beratnya sudah ada dan sudah berfungsi. Dalam hal ini, kami mengharapkan masyarakat untuk memberikan masukan sebaiknya mengenai TPA sampah itu dibagaimanakan. Kami pun berusaha, lokasi TPA di Parit Enam akan di pagar, ungkap Rival.

Bila sudah ada TPA pengganti, akan kita serahkan kepada pemerintah kota untuk dibuat perumahan seperti di Air Mangkok, kata Rival.

Lebihlanjut Rival menjelaskan sampah yang diangkut ke TPA di Parit enam, rata-rata 345 meterkubik perhari. Namun pelayanannya baru bisa dicapai sekitar 65 persen.

Ditambahkannya, untuk tahun 2006 pelayanan sampah akan ditambah hingga 85 persen.

Menurut Rival, sampah yang diangkut yang paling banyak berupa berbentuk kotak, plastik (bungkus dan kantong plastik).

Sedangkan untuk sampah organik, saat ini sedang diupayakan tahun 2007 untuk bisa dilebur dan didaur ulang yang bisa dimanfaatkan untuk kompos.

Di sisi lain Rival, tahun 2006 Dinas Kebersihan dan Kebakaran Pangkalpinang menyiapkan instalasi peleburan tinja (IPLT).

Untuk IPLT sudah selesai, dan sarana mobil tinja sudah siap serta tinggal untuk dioperasionalkan, jelas Rival. (rya)

Post Date : 27 Februari 2006